Soal Tes Jalan Bahan Bakar B100, Ini Jawaban Kementerian Pertanian

Kompas.com - 13/02/2020, 08:42 WIB
B30 esdm.go.idB30

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) tidak menampik tengah melakukan uji coba penggunaan biodiesel 100 persen atau B100 di beberapa wilayah DKI Jakarta.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementan Fadjry Djufry, menyatakan, pengetesan  dilakukan guna melihat secara langsung kerja mesin mobil terhadap penggunaan B100. Bahan bakar B100 mengandung 100 persen minyak sawit alias crude palm oil (CPO).

"Nanti hasilnya jadi bahan pertimbangan dan studi lanjutan. Tapi sebenarnya pengujiannya ini dilakukan beberapa bulan yang lalu, sekarang belum dilanjuti lagi," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

"Hasilnya sedang dikaji, nanti ketika sudah keluar simpulannya pasti dikabari," lanjut Fadjry.

Baca juga: Bahan Bakar Solar B100 Mulai Dilakukan Tes Jalan

B100Kompas.com B100

Terkait foto satu unit Toyota HiAce milik Kementan yang berstiker "Road Test Biodiesel B100", ia menyebut bahwa itu hanya kelalaian petugas saja. Sebab, stikernya belum dicopot lagi.

"Itu hanya labelnya saja yang belum dibuka, belum kita lanjuti lagi (uji B100)," ucap dia.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Bioenergi Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Andriah Feby Misna mengatakan bahwa pihaknya belum melakukan uji B100.

"Uji yang dilakukan Kementan berbeda dengan yang kami lakukan. Kami sedang melakukan persiapan untuk uji B40. Kemudian untuk hasil Kementan tersebut, diolah dengan tim mereka sendiri," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.