Usai Biodiesel B30, Mitsubishi Fuso Akan Penuhi B40

Kompas.com - 13/02/2020, 07:42 WIB
Plus minus BBM Biosolar autobild.co.idPlus minus BBM Biosolar

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak akhir 2019 lalu, Indonesia telah merealisasikan bahan bakar biodiesel B30 untuk kendaraan bermesin diesel. Memasuki 2020, pemerintah pun sudah berencana untuk mewajibkan solar B40 dengan melakukan sejumlah studi.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku APM Mitsubishi Fuso di Indonesia mengaku telah menyanggupi aturan B30.

Sementara itu soal penerapan B40 pada waktu mendatang, PT KTB bisa saja memenuhinya. Namun perusahaan butuh sejumlah pengembangan terkait hal teknis, seperti saat aturan B30 sebelumnya.

Baca juga: Selain XL7, Suzuki Punya SUV Baru untuk Indonesia

Peluncuran Varian Baru Mitsubishi Fuso Fighter di GIIAS 2019istimewa Peluncuran Varian Baru Mitsubishi Fuso Fighter di GIIAS 2019

“Karena kami tidak bisa langsung comply atau memenuhi B40, sehingga kami butuh studi,” ujar Duljatmono, Sales and Marketing Director PT KTB, saat ditemui pada Selasa (12/2/2020).

“KTB tidak tahu berapa lama studi supaya comply B40. Namun untuk B30 saja, kami membutuhkan waktu studi selama 6 bulan,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini aturan soal B40 sifatnya masih berupa pernyataan dari pemerintah. Meski begitu untuk penerapannya masih butuh diskusi, studi, hingga berbagai persiapan lainnya.

“Saat ini kami belum tahu dampaknya ke produk jika mengunakan B40, jadi kami kami butuh persiapak dengan pengujian dan studi. Intinya kami siap saja melakukan apa yang diwajibkan pemerintah,” ucap Duljatmono.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X