Esemka dan AMMDes Masih Absen dari Daftar Peserta IIMS 2020

Kompas.com - 12/02/2020, 17:04 WIB
Lanud Iswahyudi Maospati Magetan akan menggunakan 4 mobil esemka untuk kebutuhan operasional. Dari rencana 4 mobil, saat ini 1 unit  yang sudah difungsikan sebagai mobil operasional pengangkut personel maupun peralatan. dok. LANUD ISWAHYUDILanud Iswahyudi Maospati Magetan akan menggunakan 4 mobil esemka untuk kebutuhan operasional. Dari rencana 4 mobil, saat ini 1 unit yang sudah difungsikan sebagai mobil operasional pengangkut personel maupun peralatan.
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 akan digelar pada 9 – 19 April 2020 di JIExpo Kemayoran Jakarta. Sampai Februari 2020 tercatat ada 20 merek mobil dan motor yang ikut serta.

Menariknya dari sejumlah nama tersebut belum ada merek-merek lokal. Baik mobil Esemka, Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes), VIN Komodo, hingga merek motor listrik anak bangsa Gesits.

Baca juga: Penggagas AMMDes Tidak Sangka Mobil Desa Bisa Tembus Dunia

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, penyelenggara IIMS 2020, mengatakan, pihaknya sudah melakukan kontak dengan Esemka, namun sampai saat ini belum ada jawaban pasti.

Pegawai Kementerian Pertahanan (Kemhan) mengamati mobil Esemka tipe Bima 1.3 di Lapangan Apel Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Kemhan telah melakukan pembelian 10 unit mobil Esemka yang akan digunakan sebagai alat transportasi untuk menunjang tugas dan mobilitas satuan kerja Kementerian Pertahanan.ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Pegawai Kementerian Pertahanan (Kemhan) mengamati mobil Esemka tipe Bima 1.3 di Lapangan Apel Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (15/10/2019). Kemhan telah melakukan pembelian 10 unit mobil Esemka yang akan digunakan sebagai alat transportasi untuk menunjang tugas dan mobilitas satuan kerja Kementerian Pertahanan.

"Setahu saya ada dua pihak, itu dua-duanya udah dikontak. Mereka bilang 'Ya kami pelajari dulu ya', di follow up (sama mereka)," kata Kohen panggilan akrab Hendra di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Kohen mengatakan sebetulnya tertarik membawa merek-merek Indonesia. Namun balik lagi hal itu bukan keputusannya, sebab dia hanya penyelenggara acara bukan pihak yang melakukan pameran.

"Belum ada konfirmasi, tapi kalau dibilang, ketertarikan ada (ikut IIMS 2020). 'Jadi kami pelajari dulu ya pak (begitu kata mereka)," ucapnya.

AMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019.Kompas.com/Donny AMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019.

Kohen mengatakan, tidak membuat batasan waktu untuk calon peserta pameran untuk konfirmasi keikutsertaan. Selama acara belum dibuka maka masih ada kesempatan untuk mengikuti pameran setahun sekali ini.

"Tidak ada batasan konfirmasi, selama tempat masih ada. Kalau saya selama openingnya belum dibuka dan tempatnya ada, kita menerima (peserta baru)," kata Kohen.

Baca juga: Spesifikasi Esemka Bima 1.3, Mobil Dinas Pemkot Semarang

Sama seperti Esemka, mobil anak bangsa yang sudah mulai banyak dipakai yaitu AMMDes juga belum mengonfirmasi keikutsertaan di IIMS 2020.

"AMMDes ikut pada 2018 tapi absen pada 2019. Nah saat ini kita approach lagi (melakukan pendekatan). Karena saat ini menterinya juga sudah ganti," kata Kohen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X