Kenali Gejala Kerusakan Transmisi pada Mobil Manual

Kompas.com - 11/02/2020, 15:32 WIB
Injakan kopling ngelos, pertanda ada masalah pada aliran minyak kopling. Otomania-Donny AprilianandaInjakan kopling ngelos, pertanda ada masalah pada aliran minyak kopling.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Kerusakan pada mobil, biasanya ditandai dengan sejumlah gejala yang bisa dirasakan oleh pengemudi. Saat merasakan ada gejala yang tidak beres, sebaiknya langsung melakukan pemeriksaan ke bengkel.

Hal ini untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada mesin. Apabila sudah terjadi kerusakan yang cukup parah sebaiknya dilakukan penggantian dengan komponen baru.

Sehingga, kondisi mobil bisa kembali baik, aman dan nyaman saat dikendarai. Bagi para pemilik mobil dengan transmisi manual yang sering terjadi adalah permasalahan pada perangkat kopling.

Mulai dari kampas kopling atau plat kopling, cover kopling, roda gila atau flywheel dan juga bearing release.

Baca juga: Pakai Mobil Transmisi Manual, Begini Cara Pindah Gigi yang Benar

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, pada mobil manual biasanya jika terjadi kerusakan pada komponen kopling akan terlihat gejalanya.

“Misalkan saat perpindahan gigi atau transmisi terasa sulit kemungkinan terjadi kerusakan pada gigi sinkromesnya yang sudah aus,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/2/2020).

satu set perangkat kopling yang sudah mengalami kerusakan.Ghulam/Otomania satu set perangkat kopling yang sudah mengalami kerusakan.

Didi menambahkan, selain itu gejala adanya kerusakan pada komponen kopling juga bisa dirasakan saat berkurangnya tenaga. Jika hal itu terjadi pada mobil manual berarti kampas koplingnya sudah aus.

“Kalau kampas kopling sudah aus itu terlihat dari berkurangnya tenaga. Kemudian jika bergetar itu karena flywheel atau cover kopling terbakar atau bergelombang,” ungkapnya.

Kemudian, kerusakan lain juga bisa terjadi pada bearing release. Bearing atau laher ini terdapat pada tengah cover kopling.

Baca juga: Ini Komponen Mobil Transmisi Manual yang Rawan Rusak

Meski terlihat sepele tetapi bearing release ini mempunyai fungsi yang cukup penting dalam pemindahan transmisi.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X