Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahan Bakar Solar B40 Bakal Diuji Coba Maret 2020

Kompas.com - 11/02/2020, 12:06 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) menyebut uji coba mandatori biodiesel 40 persen atau B40 akan dimulai pada Maret 2020.

Ketua Umum Aprobi MP Tumanggor mengatakan bahwa uji coba bahan bakar B40 akan dilaksanakan sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo.

"Saya kira mulai bulan depan, baru tadi saya dapat surat dari badan penelitian migas suapaya mengirimkan bahan bakunya untuk diujicobakan. Presiden meminta program ini harus mulai berjalan pada Januari 2021," katanya di Jakarta, Senin (10/2/2020).

"Jadi harus dilakukan uji coba, road test dahulu (sebelum diterapkan tahun depan)," lanjut Tumanggor.

Baca juga: Persiapan Diri Mitsubishi Fuso Menghadapi Bahan Bakar B30

DFSK Super Cab ikut dalam uji coba bahan bakar BBM Solar B30DFSK DFSK Super Cab ikut dalam uji coba bahan bakar BBM Solar B30

Menurutnya, nanti akan diujicoba dua model untuk program B40. Pertama, yakni dengan memasok fatty acid methyl ester (FAME) sebagai campuran membuat biodiesel langsung dengan kadar 40 persen.

"Atau CPO-nya (Crude Palm Oil) diproses melalui destilasi (penyulingan). Kalau destilasi bagaimana, kalau FAME bagaimana, kita lihat hasilnya nanti," ujar dia.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Arti Huruf dan Angka pada Mobil Transmisi Matik

Adapun terkait program B30 yang resmi berjalan di tahun ini, Tumanggor mengatakan bahwa tidak ada hambatan berarti dalam pelaksanaannya.

"Sampai saat ini baik dari perusahaan otomotifnya, segi penyaluran dari Pertamina, demikian juga suplai dari para produsen, semua berjalan sesuai rencana," katanya.

Sebanyak 9,6 juta kiloliter bahan bakar dari minyak kelapa sawit tahun ini ditargetkan bisa diserap untuk program B30.

Dengan jumlah tersebut, diperkirakan kebutuhan bahan bakar minyak nabati yang dibutuhkan untuk program itu mencapai sekitar 800.000 KL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com