Perawatan Mobil Transmisi Manual, Ini yang Harus Diperhatikan

Kompas.com - 11/02/2020, 11:27 WIB
Toyota C-HR Hybrid lagi servis di bengkel resmi Auto2000 di Banyuwangi.                               ToyotaToyota C-HR Hybrid lagi servis di bengkel resmi Auto2000 di Banyuwangi.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Mobil dengan transmisi manual memiliki sejumlah perbedaan dibandingkan dengan mobil matik. Perbedaan ini jelas terlihat pada sistem pemindahan transmisi atau gigi.

Di mana mobil manual perpindahan gigi dilakukan secara manual, sedangkan untuk mobil matik menggunakan transmisi otomatis. Maka tidak heran jika jumlah pedal juga berbeda.

Pada mobil manual terdapat tiga pedal, yakni gas, rem dan juga pedal kopling. Sedangkan untuk mobil matik hanya ada dua pedal saja, yaitu gas dan juga rem.

Selain itu hampir tidak ada perbedaan yang signifikan antara dua jenis mobil tersebut. Berkat adanya perbedaan ini, otomatis dalam melakukan perawatan juga ada sejumlah perbedaan.

Baca juga: Tips Anti-Pegal Pakai Mobil Manual buat Jarak Jauh

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan pada mobil jenis manual. Di antaranya adalah setelan pedal kopling.

“Setelah pedal kopling ini harus tepat, jangan terlalu rapat atau nyetut dan juga jangan terlalu longgar,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/2/2020).

Transmisi manual Wuling Confero. Istimewa Transmisi manual Wuling Confero.

Ada beberapa efek yang akan terjadi jika penyetelan pedal kopling ini tidak pas. Bahkan efeknya juga bisa berdampak pada usia komponen mesin.

“Kalau terlalu rapat pedal diinjak sedikit kopling sudah beroperasi, sehingga saat dilepas tidak terlalu bebas masih terjadi selip seperti menekan terus menerus,” ucapnya.

Lebih parah jika penyetelan terlalu rapat, kata Suparna, mobil akan kekurangan powernya. Hal ini disebabkan karena terjadinya selip pada kopling karena posisinya belum terilis atau tersalurkan secara 100 persen.

“Sedangkan jika setelan kopling terlalu longgar, saat pedal kopling diinjak belum terbebas secara 100 persen. Mungkin hanya 70 persen sampai 80 persen,” katanya.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X