Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Sigra Manual Kuasai Pasar

Kompas.com - 16/09/2019, 15:51 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Daihatsu Sigra facelift resmi meluncur. Mobil keluarga di kelas low cost green car (LCGC) ini mengalami ubahan di eksterior dan tambahan beberapa fitur baru di sebagian model.

Amelia Chandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, 95 persen konsumen Sigra memilih transmisi manual, hanya 5 persen sisaya yang memilih transmisi otomatik.

Baca juga: Ada 10 Varian, Ini Harga Lengkap Daihatsu Sigra 2019

"Kenapa manual lebih laku daripada matik pertama karena ada perbedaan harga. Mobil otomatik lebih mahal Rp 10 juta dan buat kelas LCGC Rp 10 juta bukan hal yang murah, otomatis perbedaan harga ini mempengaruhi pilihan mereka," kata Amelia di Tangerang, Senin (16/9/2019).

Amel sapaannya, mengatakan, konsumen Sigra rentan dengan harga karena pembeli di segmen ini ialah konsumen pemula yang mayoritas baru pertama membeli mobil.

"Harga yang membuat mereka milih manual," kata Amel

Baca juga: Keringanan Pajak Kendaraan untuk Warga DKI Jakarta

Daihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan.KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan.

Sejak meluncur pada Agustus 2016, Sigra dengan capat diterima masyarakat, bahkan kini mengalahkan kakaknya yaitu Xenia. Sepanjang Januari-Juni 2019, Sigra menjadi penyumbang utama penjualan Daihatsu di Indonesia.

Disusul setelah Sigra di posisi kedua yaitu Gran Max Pick Up, dan ketiga yakni Xenia. Kemudian seterusnya Ayla, Terios, dan Gran Max penumpang. Sedangkan sisanya disokong oleh Luxio, Sirion dan Hi-Max.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com