Ubah Yamaha Scorpio Karatan Jadi Tracker

Kompas.com - 07/02/2020, 09:22 WIB
Yamaha Scorpio Tracker Foto: Diwa Creative StudioYamaha Scorpio Tracker

JAKARTA, KOMPAS.com - Susah kalau sudah jatuh cinta dengan sepeda motor. Apalagi jika motor tersebut punya sejarah tersendiri, apapun akan dilakukan agar motor kesayangan kembali ke kondisi semula.

Seperti Yamaha Scorpio 2005 yang dimodifikasi jadi bergaya tracker ini. Awalnya motor andalan pecinta touring hampir jadi ''bangkai'' karena ditinggal lama oleh sang pemilik yang dinas kerja di luar kota.

Baca juga: Modifikasi Yamaha Scorpio 2013 Cafe Racer

Yamaha Scorpio Tracker Foto: Diwa Creative Studio Yamaha Scorpio Tracker

" Motor ini ditinggal lama sama yang punya dan tidak keurus, kena panas hujan. Waktu dia pulang dia ingin motornya balik lagi, tapi sekalian dimodif," kata Wahyu Diwa, builder dari Diwa Creative Studio, kepada Kompas.com, Kamis (6/2/2020).

Wahyu mengatakan, karena orang rumah tidak ada yang mengerti, motor ini disimpan sembarangan. Selama lebih dari tiga tahun motor dibiarkan ditaruh di luar ruangan dan terekspos panas dan hujan hingga karatan.

Yamaha Scorpio Tracker Foto: Diwa Creative Studio Yamaha Scorpio Tracker

"Waktu saya ambil motor ini rusak parah. Praktis yang saya pakai itu cuma rangka dan mesin, bahkan itu pun dalamannya juga banyak yang rusak, sampai blok mesinnya mesti oversize 150," kata Wahyu.

Wahyu mengatakan, pesan sang pemilik kepadanya agar motor dimodifikasi supaya enak dan praktis dibawa jalan. Pemiliknya ingin motor yang bertema harian, rapih tapi tidak mencolok.

Yamaha Scorpio Tracker Foto: Istimewa Yamaha Scorpio Tracker

"Makanya saya pilih tracker karena sesuai konsep. Cat juga pakai hitam yang tidak mencolok. Motor ini memang sesuai kemauan sang pemilik, seherhana tapi tetap sangar, peleknya juga hitam," katanya.

Baca juga: Pemerintah Legalkan Modifikasi Motor Jadul Jadi Listrik

Proporsi tracker dibuat dengan memotong rangka belakang dan membuat ulang sub frame. Sisanya tidak jauh beda dengan tracker lain sebab Wahyu memang sudah biasa membuat motor tersebut.

Yamaha Scorpio Tracker Foto: Istimewa Yamaha Scorpio Tracker

"Sebetulnya tidak ada yang spesial tapi motor ini memang dibuat agar nyaman, seperti memakai setang CBR150R. Kemudian karena oversize 150 kapasitasnya naik sedikit dari awalnya, jadi tenaga enak," katanya.

Spesifikasi:

Suspensi depan: Yamaha Scorpio
Suspensi belakang: Aftermarket
Pelek: Alumunium depan 17 inci lebar 3.00 belakang 3.50
Karburator: Keihin PE28
Setang: CBR150R
Spion: Kawasaki W175
Mesin: Standar oversize 150
Knalpot: Diwa custom
Jok: Diwa custom
Lampu: Daymaker
Sein: LED

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X