Java Electric Motorcycles, Motor Listrik Baru Buatan Anak Negeri

Kompas.com - 06/02/2020, 13:01 WIB
Java Electric Motorcycles Dok: JEMJava Electric Motorcycles
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Cepat atau lambat sepeda motor listrik akan menggeliat di Indonesia. Bibitnya pun terus bermunculan, salah satunya ialah motor listrik karya anak negeri bernama Java Electric Motorcycles ( JEM).

Untuk perdana JEM berhasil membuat prototipe motor listrik sendiri. Motor dengan desain flat tracker yang belum punya nama itu dibuat menggunakan mesin perkakas canggih Computer Numerical Control (CNC).

Baca juga: Elektrifikasi Motor Tua, Harus Dipermudah Urusan Birokrasi

"Ini motor listrik sendiri, kita bikin sendiri dari nol. Desain, sasis, lengan ayun, tangki, dan lainnya bikin sendiri. Hanya motor dan baterainya saja yang bukan," kata Andry Cahya, penggagas JEM, kepada Kompas.com, Rabu (5/4/2020).

 

JEM sendiri lahir dari hobi Andry yang suka motor gede (moge) dan motor kustom. Kebetulan, dia merupakan pemilik  Java CNC Engineering (PT Avia Cahya Raya) yaitu suplier part dan aksesori di bidang industri otomotif.

Sejak tahun 2000, Java CNC sudah lama membuat ragam komponen untuk motor, terutama motor besar Harley-Davidson. Lama berkecimpung di dunia komponen, Andry melebarkan sayap membuat motor listrik sendiri.

"Saya awalnya suka moge. Jadi bisa disebut ini pengembangan R&D (dari Java CNC), sebab suatu saat pasti kita arahnya ke listrik, kita ingin jadi leader, orang belum main kita main, mau itu laku atau tidak," kata Andry.

Java Electric MotorcyclesFoto: Dok JEM Java Electric Motorcycles

Produksi Massal

Andry mengatakan, ke depan pihaknya berharap motor ini bisa diproduksi massal. Saat ini katanya, JEM sudah mulai membuat dua unit motor yang sama untuk pemesan.

"Kita sudah mulai produksi untuk yang kedua dan ketiga, karena memang sudah ada pemesan, setelah itu kita lihat lagi nanti," katanya.

Andry mengatakan kualitas tiap motor sangat dijaga. Sebab pada dasarnya ini bukan motor kustom buatan tangan melainkan pakai mesin. Hanya baterai, motor listrik dan kontroler saja yang masih impor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X