Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha NMAX 155 Connected Tidak Bisa Sembarangan Dimodifikasi, Ada Risikonya

Kompas.com - 05/02/2020, 13:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Mengubah bentuk atau ukuran pada bagian tertentu di motor tanpa menghilangkan fungsi aslinya, memiliki kesan tersendiri. Terlebih, kini pilihan produk aftermarket semakin beragam.

Hanya saja bagi pemilik Yamaha NMAX 155 Connected/ABS, modifikasi harus dipertimbangkan dan diperhatikan kembali. Sebab, bisa mengganggu validitas atau ketepatan data dari aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect).

"Pencatatan atau informasi yang diberikan pada Y-Connect bisa terganggu. Misalnya rekomendasi pergantian oli 50 kilometer lagi, tapi karena ada modifikasi jadinya harus diganti ketika sudah 20 kilometer lagi," kata Ahmad Hamdani, Divisi Bisnis Proses Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat ditemui di Cengkareng, Tangerang, Selasa (4/2/2020).

Baca juga: Resmi, Yamaha NMAX 155 Conected/ABS Dibanderol Rp 33,7 Juta

Tampilan menu konsumsi bahan bakar di Y-ConnectKOMPAS.com/Ruly Tampilan menu konsumsi bahan bakar di Y-Connect

Contoh lainnya, di aplikasi pencatatan konsumsi bahan bakar harian ialah 15 kilometer per liter. Padahal nyatanya lebih dari itu, motor lebih boros karena ada bagian yang diubah.

"Jadi, Y-Connect itu merekam informasi saat kondisi motor masih standar. Kalau ada modifikasi yang menyebabkan perubahan pada konsumsi bahan bakar, aki, performa, dan sebagainya, pemberian informasinya jadi sedikit melenceng (berbeda)," jelas Ahmad.

Baca juga: Fitur Unggulan Y-Connect, Bisa Cek Konsumsi BBM di Ponsel

Yamaha resmi merilis NMAX 155 ConnectedKOMPAS.com/Ruly Yamaha resmi merilis NMAX 155 Connected

Sebagai informasi, aplikasi Y-Connect merupakan inovasi Yamaha yang membuat pengendara bisa terkoneksi dengan NMAX 155. Aplikasi ini salah satu perangkat pada Communication Control Unit (CCU).

Saat ini, Y-Connect bisa diunduh di Google Play Store dan App Store. Bagi pemilik NMAX 155 Connected, Yamaha memberikan Quick Start Y-Connect atau panduan menghubungkan smartphone dengan perangkat CCU.

Informasi yang diperoleh lewat aplikasi Y-Connect cukup lengkap. Mulai dari memudahkan pemilik dalam mencari lokasi parkir motor, notifikasi telepon, email, dan pesan, rekomendasi perawatan rutin, konsumsi bahan bakar, sampai RevsDashboard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com