Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Ganti Oli yang Tepat untuk Motor yang Jarang Dipakai

Kompas.com - 30/01/2020, 08:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor jarang dipakai atau lebih sering berada di garasi tetap membutuhkan perawatan. Salah satu cara termudah ialah, dengan mengganti oli agar proses pelumasan pada mesin tetap optimal.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Bogor, Jawa Barat, menyarankan, jika motor jarang dipakai maka waktu ganti oli biasakan pakai hitungan waktu, bukan jarak tempuh lagi.

Baca juga: Oli Mesin BeAT 2020 Hanya 650 Mililiter, Jangan Kelebihan saat Ganti Oli

Ganti Oli MotorFoto: Rideapart Ganti Oli Motor

"Ganti oli standarnya setiap 2.000km/dua bulan tergantung mana yang lebih dulu dicapai. Jadi jika motor jarang dipakai alangkah baiknya setiap 2 bulan ganti meski jarak tempuh kilometer belum tercapai," kata Herman kepada KOMPAS.com, Rabu (29/1/2020).

Sementara itu menurut Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS Daya Adicipta Motora (DAM), patokan 2.000 km/dua bulan untuk motor masih pakai karburator, sedangkan untuk roda dua yang sudah injeksi interval penggantian oli setiap 4.000 km atau empat bulan sekali.

Baca juga: Cara Cek Oli Motor Sudah Tercampur Air

"Nah kalau jarang dipakai berarti tetap memakai patokan waktu setiap dua atau empat bulan harus ganti oli. Karena oli pun bisa berkurang kualitasnya meskipun kendaraan itu tidak bergerak atau diam saja," kata Wahyudin.

Ganti Oli Motor

Ilustrasi ganti oliOtomania/Setyo Adi Ilustrasi ganti oli

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengganti oli sepeda motor:

1. Tidak menyemprot lubang oli mesin dengan udara bertekanan tinggi. Ini sering dilakukan banyak bengkel, dengan maksud agar pelumas di dalam mesin cepat keluar. Ternyata ini salah kaprah.

2. Ganti ring oli setiap membuka pembuangan oli. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kebocoran pada saat pemasangan kembali baut oli.

Ilustrasi servis ganti oli di Astra Motor.KOMPAS.com / FACHRI FACHRUDIN Ilustrasi servis ganti oli di Astra Motor.

3. Jangan membuka baut pembuangan oli pada saat mesin masih dalam kondisi panas. Saat mesin masih panas, atau baru saja berhenti, baut yang terdiri dari komponen besi masih dalam keadaan memuai. Jika dipaksa untuk dibuka, ulir baut akan cepat rusak.

4. Setelah benar cara mengganti olinya, saran yang lain adalah membersihkan filter oli setiap 12.000 km untuk membuang sisa kotoran yang terdapat pada mesin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com