Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Begini 6 Jurus Mencuci Mobil yang Benar

Kompas.com - 27/01/2020, 14:23 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kewajiban dari setiap pemilik kendaraan adalah merawat dan menjaganya. Salah satu cara perawatan mobil yang mudah dan disarankan adalah dengan mencuci mobil secara rutin.

Hal ini bisa dilakukan ketika ada waktu luang di rumah, atau menggunakan jasa tempat cuci mobil yang mempunyai kualitas baik.

Namun ternyata mencuci mobil tidak bisa sembarangan dan ada caranya. Hal ini disampaikan oleh CEO Makko Group Christopher Sebastian. Dia menjelaskan ada 6 kesalahan yang biasa dilakukan ketika mencuci mobil.

Baca juga: Jangan Cuci Mobil di Rumah dengan Sabun Cuci Piring

1 Mencuci mobil di bawah sinar matahari.

Cuci mobil di bawah sinar matahari adalah hal yang sangat tidak disarankan, karena berpotensi mengundang kerak dan jamur.

“Hal ini akan membuat body dan kaca mobil banyak noda kerak air yang mengering yang nantinya akan menjadi jamur,” ujar Christopher kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (27/01/2020).

2. Pakai sabun cuci piring

Banyak yang memilih sabun cuci piring untuk mencuci mobil. Cara ini akan membuat cat mobil menjadi kusam dan banyak goresan,

“Gunakan sampo dengan tingkat keasaman atau PH rendah, agar bodi mobil tidak mudah kusam karena efek dari deterjen. Gunakan sampo yang khusus dan aman untuk mobil, seperti XTO Car Care," jelas Christopher.

Tempat Cuci Mobil di daerah Penggilingan Cakung, Jakarta TimurKOMPAS.com / Aditya Maulana Tempat Cuci Mobil di daerah Penggilingan Cakung, Jakarta Timur

3. Pakai 2 Ember

Mencuci mobil sebaiknya menggunakan dua ember. Ember pertama untuk air yang sudah dicampur sampo dan satu ember lagi berisi air bersih untuk membilas, sehingga kotoran tidak akan tercampur.

Lebih bagus lagi ketika satu sisi sudah dibersihkan dengan sampo, langsung disemprot dengan air bersih melalui selang.

4. Gerakan atas ke bawah

Cara mencuci mobil yang benar adalah dengan gerakan dari atas ke bawah, bukan dengan gerakan memutar.

,“Jangan menggunakan gerakan sebaliknya atau gerakan memutar, karena hal tersebut akan menyebabkan debu dan kotoran menyebar atau kembali ke permukaan,” ujar Christopher.

Baca juga: Ragam Kesalahan Newbie saat Baru Bisa Nyetir Mobil

5. Kaca jendela

Jangan menurunkan jendela mobil sebelum kering. “Ketika kaca diturunkan sebelum kering, maka akan banyak tetesan air di kaca jendela yang turun ke body mobil yang akhirnya akan mengering dan membuat flek air,” kata Christopher.

6. Interior

Ketika membersihkan bagian dasbor, sebaiknya di lap menggunakan kain yang sedikit basah. Selain itu karpet juga harus dibersihkan dengan cara di vakum agar debu dalam mobil hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com