Selain Ditilang, Merokok Sambil Berkendara Bisa Sebabkan Kecelakaan

Kompas.com - 27/01/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi merokok shutterstockIlustrasi merokok
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Kepolisian menjatuhkan sanksi kepada para pengemudi kendaraan, baik roda empat maupun roda dua yang kedapatan merokok sambil berkendara sepeda motor dan mengemudikan mobil.

Sanksi yang dijatuhkan tidak main-main, yakni denda Rp 750.000 atau kurungan pidana selama tiga bulan.

Sanksi tersebut mengacu pada Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Oleh sebab itu, kepolisian pun meminta agar pengendara tidak merokok saat berkendara. Pasalnya, hal ini bisa membahayakan pengendara lain.

Tidak hanya itu, merokok saat berkendara juga bisa membahayakan bagi perokok itu sendiri, karena bisa menyebabkan kecelakaan karena kurangnya konsentrasi.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan, bahayanya saat berkendara di belakang pengemudi yang merokok.

Baca juga: Merokok Sambil Naik Motor Didenda Rp 750.000, Ini Aturannya

“Pengendara yang merokok berbahaya bagi orang lain yang di belakangnya seperti bara apinya dapat terbang ke belakang dan mengenai mata pengendara lain atau bahkan penumpangnya sendiri,” kata Marcell saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/1/2020).

Selain berbahaya bagi orang lain, Marcell menambahkan, merokok saat berkendara juga bisa berbahaya bagi perokok itu sendiri.

Ilustrasi merokok sambil berkendaraShutterstock.com Ilustrasi merokok sambil berkendara

Menurutnya, saat berkendara sembari merokok maka pengemudi terdistraksi sehingga kehilangan konsentrasi ketika berkendara.

“Karena secara refleks mata pengendara akan melihat ke bara api setiap akan menghisap rokok tersebut, walaupun hanya satu detik,” ucapnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.