Cuma Pemilik yang Bisa Duplikat Kunci "Immobilizer"

Kompas.com - 25/11/2016, 17:23 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — Membuat duplikat kunci immobilizer bukan di bengkel resmi bisa menjadi kegiatan berbahaya. Walau dianggap begitu, spesialis kunci yang bisa melakukannya menjelaskan bahwa ada sistem proteksi tersendiri.

Raymond Lie, spesialis kunci immobilizer dari toko di Bursa Otomotif Sunter, Komandan, mengatakan cuma menerima permintaan duplikasi dari pemilik asli kendaraan. Cara ini dikatakan memang bukan resmi, tetapi bisa membantu pemilik yang tidak ingin dibikin pusing aturan bengkel resmi.

Duplikat Kunci Immobilizer Tidak Sampai Rp 1 juta

“Kalau diler kan legalnya itu sampai minta berbagai dokumen. Minta BPKB, STNK, sama KTP harus satu nama. Kalau di kami tidak, yang penting ada berkas yang menyatakan dia sebagai pemilik resmi kendaraan,” kata Raymond kepada KompasOtomotif, Jumat (25/11/2016).

Baca: Ternyata Bisa Bikin Kunci Immobilizer Cadangan

Rujukannya, duplikasi bisa dilakukan buat pemilik yang mempunyai mobil bekas. Raymond menjelaskan, perangkat khusus yang bisa membaca enkripsi kode pada kunci immobilizer asli lantas dipindahkan ke kunci duplikat berbeda-beda.

“Ada yang universal, ada juga yang per merek. Saya punya sekitar 20 alatnya,” ucap Raymond.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.