Cegah Ban Peang karena Kelamaan Parkir di Garasi

Kompas.com - 25/01/2020, 08:02 WIB
Suasana di garasi rumah milik Dodi Triono (59), salah satu korban tewas atas perampokan di Pulomas, Jakarta Timur, Jumat (6/1/2017). Akhdi Martin PratamaSuasana di garasi rumah milik Dodi Triono (59), salah satu korban tewas atas perampokan di Pulomas, Jakarta Timur, Jumat (6/1/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyimpan kendaraan memang seharusnya di garasi. Namun, jika didiamkan terlalu lama, ban mobil bisa rata sebelah atau biasa disebut peang alias  flat spot.

Masalah menyimpan mobil terlalu lama di garasi biasanya karena memiliki lebih dari satu kendaraan. Alasan lain, karena terlalu asyik mengoprek mobil di garasi sendiri, sampai lupa waktu sampai berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) manager PT Gajah Tunggal Tbk memberikan cara untuk mencegah flat spot pada mobil yang lama diam di garasi. Saran yang pertama yaitu isi tekanan udara pada ban secara maksimal.

Baca juga: Rayakan 20 Tahun, Loyalis CR-V Ingin Honda Bawa Varian Diesel dan AWD

Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).Febri Ardani Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).

“Pencegahan yang paling mudah dan cukup efektif adalah dengan isi semua ban dengan tekanan udara yang maksimal. Untuk kendaraan penumpang biasanya sekitar 44 Psi,” kata Zulpata kepada Kompas.com belum lama ini.

Setelah di isi tekanan ban dengan maksimal, perlu adanya pengecekan, minimal seminggu sekali.

Pemeriksaan dibutuhkan, karena ban yang diam akan lebih cepat turun tekanannya dibanding ban yang bergerak.

Saran yang kedua, kata Zulpata, yaitu dengan mendongkrak mobil.

“Ketika didongkrak, ban mobil akan terangkat dan tidak menyentuh lantai. Jadi risiko ban rata sebelah atau peang akan berkurang,” ucap Zulpata.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X