Nyetir Mobil Matik, Pakai Satu Kaki atau Dua Kaki?

Kompas.com - 24/01/2020, 10:30 WIB
Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer. FMMOTORPARTS.comIlustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai mobil transmisi otomatis menjadi pilihan sebagian masyarakat di kota besar seperti Jakarta. Mobil matik dianggap praktis dan tidak cepat membuat kaki lelah, karena hanya ada pedal gas dan rem, tanpa kopling.

Lalu, untuk pengemudi pemula, cara berkendara matk bagaimana yang benar? Misalnya pemakaian kaki di pedal gas dan rem.

Menurut Marcell Kurniawan selaku Training Director The Real Driving Center (RDC), cara paling aman adalah menggunakan kaki kanan saja untuk mengontrol pedal gas dan rem.

Baca juga: Hiace Disulap Jadi Mobil Rumah, Modalnya Rp 300 Juta

Ini beranjak pada kaki di mobil manual, dimana kaki kanan mengoperasikan pedal gas dan rem, sementara kaki kiri di pedal kopling.

“Hal ini bertujuan agar lebih aman, karena bila pakai dua kaki pada mobil matik, maka ada kemungkinan saat mengerem kaki kanan masih injak pedal gas," jelas Marcel, Jumat (24/1/2020).

Baca juga: Mobil Matik Terendam Banjir, Jangan Towing Sembarangan

Marcell juga menambahkan, jika kaki kiri sudah memiliki kebiasaan untuk menginjak dengan cepat, seperti menginjak kopling, maka berbahaya bila kaki kiri di rem.

"Bisa saja kita menginjak pedal rem seperti kita menginjak pedal kopling, hingga menyebabkan mobil berhenti mendadak," jelas Marcell lagi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X