Hiace Disulap Jadi Mobil Rumah, Modalnya Rp 300 Juta

Kompas.com - 23/01/2020, 18:23 WIB
eksterior hiace motor home Kompas.com/Fathan Radityasanieksterior hiace motor home

BOGOR, KOMPAS.com – Toyota Hiace menjadi salah satu model yang bisa dibuah menjadi recreational vehicle (RV) atau mobil rumah. Siapkan dana sebesar Rp300 juta rupiah, dan belum termasuk harga mobil.

Karoseri PT Bahana Selaras (Baze) punya contih Hiace yang sudah diubah menjadi layaknya campervan minimalis. Bagian kabin belakang disulap seperti kamar, plus sofa dan dilengkapi dengan dapur.

Nadim, Sales Marketing dari karoseri PT Bahana Selaras (Baze) di Bogor mengatakan,  ubahan yang dilakukan pada interior dilakukan untuk memenuhi kebutuhan selayaknya mobil RV.

Sedangkan pada bagian eksterior tidak begitu banyak yang dirubah, masih menganut model Hiace standar bawaan pabrikan.

“Bagian eksterior masih standar, hanya untuk kebutuhan piknik, ditambah kanopi pada bagian samping kiri mobil. Pada bagian atas atap juga dipasang AC tambahan dan penambahan soket listrik pada bagian bemper belakang untuk tambahan sumber kelistrikan mobil ini,” kata Nadim kepada Kompas.com, Kamis (23/1/2020).

Baca juga: Perbandingan Suzuki XL7 dengan Ertiga Lawas Secara Tampilan dan Fitur

interior motor home baze karoseriKompas.com/Fathan Radityasani interior motor home baze karoseri

Bagian interior mobil ini yang banyak dirombak. Kursi penumpang Hiace yang awalnya untuk 13 orang, diganti menjadi kursi lipat yang hanya muat untuk empat orang dan bisa diputar.

Baca juga: Mau Punya Mobil RV, Simak Dulu Regulasinya di Indonesia

Untuk menambah keamanan, dilengkapi dengan sabuk pengaman dua titik. Sabuk pengaman berfungsi menjaga penumpang tetap berada di kursi bila terjadi kecelakaan.

Di tengah kabin belakang dipasang meja lipat. Bagian dalamnya juga dibuat dapur kecil dengan westafel dan lemari pendingin.

Toyota HiAce PremioKOMPAS.com/Ruly Toyota HiAce Premio

“Pada bagian interior juga dipasang kursi lipat yang jika diatur bisa jadi tempat duduk yang berhadapan dan bisa juga dijadikan kasur," jelas Nadim.

Terdapat juga kursi tambahan yang menghadap samping, namun tidak disarankan untuk diduduki ketika mobil berjalan karena tidak dilengkapi sabuk pengaman.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X