Bukan Sekadar Hiasan, Ini Fungsi Hand Grip di Interior Mobil

Kompas.com - 18/01/2020, 15:42 WIB
Ilustrasi Hand Grip di interior mobil rakuten.comIlustrasi Hand Grip di interior mobil

JAKARTA, KOMPAS.comInterior mobil memiliki sejumlah kelengkapan, salah satunya hand grip atau pegangan tangan. Bukan sekadar hiasan, hand grip di interior mobil ternyata memiliki fungsi penting.

Salah satunya menjaga posisi tubuh dari gaya sentrifugal saat berkendara. Seperti diketahui, manuver-manuver yang dilakukan oleh pengemudi dapat mengubah posisi duduk para penumpang.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, mengatakan bahwa hand grip di interior memiliki fungsi penting untuk keselamatan.

Baca juga: Mobil Bekas Usia 10 Tahun ke Atas yang Paling Banyak Dicari

Fungsi Hand Grip pada interior mobil memiliki alasan keselamatantechlifegeek.com Fungsi Hand Grip pada interior mobil memiliki alasan keselamatan

Hand grip fungsinya penting untuk keselamatan juga, karena bisa menahan posisi duduk agar tidak bergeser. Apalagi saat di jalan rusak atau kondisi yang menurun,” ujarnya kepada Kompas.com (13/1/2020).

“Belum lagi saat ada gaya tarik sentrifugal, pengemudi bisa memegang setir, sementara penumpang bisa dengan memegang hand grip,” ucap Didi.

Walaupun penting, hand grip disarankan tidak dipakai dalam keadaan mengemudi, terutama bagi para sopir. Menurut Didi, kedua tangan pengemudi harus selalu berada di setir, tak heran hand grip di sisi pengemudi kerap kali ditiadakan.

Baca juga: Kontainer Rem Blong di Tol Cipularang, Truk ODOL Banyak Masalah

Ilustrasi Interior Suzuki Jimny yang memiliki hand grip pada dasbor dan pintu.Suzuki Ilustrasi Interior Suzuki Jimny yang memiliki hand grip pada dasbor dan pintu.

Sementara itu, Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan bahwa hand grip berperan penting sebagai alat bantu keluar-masuk mobil.

Memegang hand grip dalam waktu lama menurutnya kurang disarankan. Untuk alasan kenyamanan, penumpang mobil lebih baik menaruh tangan di posisi arm rest.

“Pegangan boleh saja, tapi apa tidak pegal kalau sepanjang perjalanan seperti itu? Kalau untuk masalah keselamatan malah lebih penting menggunakan seat belt. Hand grip biasanya dipakai sebagai akses masuk atau keluar mobil agar lebih mudah,” ujar Anjar.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X