Pakai Biosolar B30, Filter Bahan Bakar Lebih Cepat Ganti

Kompas.com - 16/01/2020, 14:14 WIB
Ilustrasi Filter Solar KompasOtomotifIlustrasi Filter Solar
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemakaian bahan bakar berjenis Biosolar B30 ternyata memberikan beberapa dampak bagi mesin diesel. Salah satunya berdampak pada filter solar yang jadi komponen penting bagi sistem pembakaran.

Untuk diketahui, pada mesin diesel modern yang menggunakan teknologi common rail misalnya. filter solar menjaga kualitas bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar, sebelum disemprotkan oleh injektor.

“Kalau sudah kotor, filter solar harus diganti untuk menjaga kinerjanya dalam menjaga kualitas bahan bakar,” ujar Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Pakai Biosolar B30, Jangan Kaget Isi Tangki Berubah Jadi Gel

Petugas menunjukkan sampel bahan bakar B30 saat peluncuran uji jalan Penggunaan Bahan Bakar B30 untuk kendaraan bermesin diesel di halaman Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/6/2019). Uji jalan kendaraan berbahan bakar campuran biodiesel 30 persen pada bahan bakar solar atau B30 dengan menempuh jarak 40 ribu dan 50 ribu kilometer tersebut bertujuan untuk mempromosikan kepada masyarakat bahwa penggunaan bahan bakar itu tidak akan meyebabkan performa dan akselerasi kendaraan turun.Aprillio Akbar Petugas menunjukkan sampel bahan bakar B30 saat peluncuran uji jalan Penggunaan Bahan Bakar B30 untuk kendaraan bermesin diesel di halaman Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/6/2019). Uji jalan kendaraan berbahan bakar campuran biodiesel 30 persen pada bahan bakar solar atau B30 dengan menempuh jarak 40 ribu dan 50 ribu kilometer tersebut bertujuan untuk mempromosikan kepada masyarakat bahwa penggunaan bahan bakar itu tidak akan meyebabkan performa dan akselerasi kendaraan turun.

“Biasanya cepat kotor karena menggunakan bahan bakar diesel dengan angka cetane number rendah,” kata Deni.

Jika dibandingkan dengan Pertamina Dex atau Dexlite, Biosolar jadi bahan bakar diesel dengan cetane number paling rendah.

Solar murah memiliki kandungan air dan sulfur yang tinggi, filter solar berfungsi menyaring kotoran dari kandungan tersebut,” ucap Deni.

Baca juga: Cara Antisipasi Masalah Saat Mobil Diesel Mengonsumsi Biosolar B30

Ilustrasi Mesin Diesel.KompasOtomotif-donny apriliananda Ilustrasi Mesin Diesel.

Maka tak heran, penggunaan Biosolar berdampak pada penggantian filter bahan bakar yang lebih cepat.

“Biasanya kalau pakai Biosolar, maksimal tiap 5.000 Km sudah harus ganti, itu sekalian ganti oli. Tapi kalau pakai Pertamina Dex bisa sampai 20.000 Km baru diganti,” kata Fransisca FA, Ketua Harian Innova Community.

“Anak komunitas kalau pakai Biosolar pasti dicampur aditif, efeknya endapan berkurang, filter solar jadi lebih bersih. Selain itu tarikan mesin lebih enteng, dan suara jadi lebih halus,” ujarnya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X