Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Biosolar B30, Jangan Kaget Isi Tangki Berubah Jadi Gel

Kompas.com - 16/01/2020, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Implementasi kebijakan Biosolar B30 telah dimulai sejak awal 2020. Masyarakat sudah bisa mendapatkan BBM jenis ini di hampir seluruh SPBU Pertamina di Indonesia.

Secara tampilan, tak ada perbedaan signifikan antara Biosolar B30 jika dibandingkan dengan B20 atau solar-solar sebelumnya. Namun, jangan kaget jika suatu saat Anda mendapati Biosolar B30 di tangki mobil berubah menjadi gel atau membeku.

Felix Valentino, Sekretaris Umum Komunitas Panther Mania, mengatakan, kondisi ini bisa terjadi di lokasi dengan suhu udara yang dingin.

Baca juga: Identitas STNK yang Diblokir atau Dihapus Tidak Bisa Diaktifkan Lagi

Perawatan tangki bahan bakar kendaraanOtomania/Setyo Adi Perawatan tangki bahan bakar kendaraan

“Kejadian itu bisa terjadi di daerah yang tinggi, misal saat lagi touring ke Dieng di Jawa Tengah atau Bromo di Jawa Timur, pasti berubah jadi gel,” ujarnya kepada Kompas.com (15/1/2020).

Menurutnya, hal ini membuat mesin bakal sulit dinyalakan. Biasanya kejadian tersebut terjadi saat mobil telah didiamkan semalaman.

Felix mengatakan, berubahnya bahan bakar menjadi gel dapat diketahui jika mobil digoyangkan tidak terdengar suara air bergerak, terutama di bagian tangki.

Baca juga: Polisi Sedang Siapkan Alat untuk Menghancurkan Kendaraan yang Diblokir

Mesin Diesel Mitsubishi Pajero Sport Dakarstanly Mesin Diesel Mitsubishi Pajero Sport Dakar

“Biasanya tergantung kita, berhenti berapa jam. Kalau berhenti semalaman, akan sulit distarter pas pagi hari. Kalau mau cepat, biasanya tangkinya kita siram saja pakai air panas, nanti lama-lama dia akan mencair sendiri,” katanya

Sementara itu, Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Intitut Teknologi Bandung Tri Yuswidjajanto Zaenuri, mengatakan, bahwa berubahnya Biosolar B30 menjadi gel saat udara dingin adalah kejadian normal.

“Karena masih bersifat lemak jenuh, otomatis temperatur rendah dia membeku. Contohnya seperti minyak kelapa yang ada di supermarket, warnanya menjadi putih karena ada di ruangan ber-AC,” ucapnya kepada Kompas.com belum lama ini.

“Normalnya memang seperti itu, kalau temperatur rendah beku. Tapi cepat cairnya, tunggu matahari sebentar sudah cair,” ujar Yus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com