Bocoran Mesin Kia Seltos yang Siap Hadang Honda HR-V

Kompas.com - 16/01/2020, 08:22 WIB
Kia Seltos Kia Seltos
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Seltos akan menjadi sport utility vehicle ( SUV) baru Kia di Tanah Air di bawah keagenan baru, PT Kreta Indo Artha.

Walau peluncuran resminya baru akan dihelat pekan depan, tapi sudah banyak bocoran-bocoran informasinya. Contoh seperti penuturan salah satu wiraniaga Kia yang membeberkan soal spesifikasi mesin yang digunakan Seltos untuk di Indonesia.

"Mesinnya pakai 1.4L Turbo dan transmisi DCT, untuk harga belum ada info," ujat tenaga penjual yang enggan disebutkan namanya kepada Kompas.com, Rabu (15/1/2020).

Baca juga: Penantang Honda HR-V dari Korsel Mengaspal Pekan Depan

Berdasarkan keterangan tersebut, artinya Kia memilih mesin yang paling kecil namun cukup bertenaga dibandingkan dua pilihan mesin lainnya, yakni 1.500 cc naturally aspirated dan mesin 1.500 cc turbodiesel seperti yang digunakan di India.

Mesin Kia Seltos 1.4L Turbo Mesin Kia Seltos 1.4L Turbo

Melihat dari spesifikasi di India, mesin 1.4L yang digunakan sebenarnya memiliki kapasitas murni sebesar 1.353 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 140 PS atau 138 tk, sedangkan torsi yang diproduksi juga cukup besar, yakni 242 Nm pada 1.500 sampai 3.200 rpm.

Seluruh tenaganya disalurkan ke roda depan melalui sistem dual clutch transmission tujuh percepatan. Tak hanya itu saja, Seltos juga akan memiliki tiga mode berkendara, yakni Eco, Normal, dan Sport lengkap dengan pilihan traksi berkendara, yakni Mud, Snow, dan Sand.

Baca juga: Siap Luncurkan Seltos, Ini Skuad Lengkap Kia di Indonesia

Dari besaran tenaga yang dihasilkan mesin 1.4L Turbo tersebut, rupanya cukup sebanding bila Seltos digadang-gadang menjadi rival bagi Honda HR-V 1.8 Prestige. Bahkan di atas kertas, Seltos malah lebih unggul.

2021 Seltos 2021 Seltos

Seperti diketahui, SUV 1.800 cc keluaran Honda tersebut memiliki tenaga sebesar 139 PS atau 137 tk. Sementara untuk torsinya hanya 169 Nm pada 4.300 Nm yang ditransfer melalui sistem transmisi CVT.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X