Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bocoran Mesin Kia Seltos yang Siap Hadang Honda HR-V

JAKARTA, KOMPAS.com - Seltos akan menjadi sport utility vehicle (SUV) baru Kia di Tanah Air di bawah keagenan baru, PT Kreta Indo Artha.

Walau peluncuran resminya baru akan dihelat pekan depan, tapi sudah banyak bocoran-bocoran informasinya. Contoh seperti penuturan salah satu wiraniaga Kia yang membeberkan soal spesifikasi mesin yang digunakan Seltos untuk di Indonesia.

"Mesinnya pakai 1.4L Turbo dan transmisi DCT, untuk harga belum ada info," ujat tenaga penjual yang enggan disebutkan namanya kepada Kompas.com, Rabu (15/1/2020).

Berdasarkan keterangan tersebut, artinya Kia memilih mesin yang paling kecil namun cukup bertenaga dibandingkan dua pilihan mesin lainnya, yakni 1.500 cc naturally aspirated dan mesin 1.500 cc turbodiesel seperti yang digunakan di India.

Melihat dari spesifikasi di India, mesin 1.4L yang digunakan sebenarnya memiliki kapasitas murni sebesar 1.353 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 140 PS atau 138 tk, sedangkan torsi yang diproduksi juga cukup besar, yakni 242 Nm pada 1.500 sampai 3.200 rpm.

Seluruh tenaganya disalurkan ke roda depan melalui sistem dual clutch transmission tujuh percepatan. Tak hanya itu saja, Seltos juga akan memiliki tiga mode berkendara, yakni Eco, Normal, dan Sport lengkap dengan pilihan traksi berkendara, yakni Mud, Snow, dan Sand.

Dari besaran tenaga yang dihasilkan mesin 1.4L Turbo tersebut, rupanya cukup sebanding bila Seltos digadang-gadang menjadi rival bagi Honda HR-V 1.8 Prestige. Bahkan di atas kertas, Seltos malah lebih unggul.

Seperti diketahui, SUV 1.800 cc keluaran Honda tersebut memiliki tenaga sebesar 139 PS atau 137 tk. Sementara untuk torsinya hanya 169 Nm pada 4.300 Nm yang ditransfer melalui sistem transmisi CVT.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/16/082200115/bocoran-mesin-kia-seltos-yang-siap-hadang-honda-hr-v

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke