Selain di Indonesia, Ini Negara yang Wajibkan Lampu Motor Nyala di Siang Hari

Kompas.com - 12/01/2020, 14:42 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Penerapan peraturan menyalakan lampu utama sepeda motor ternyata tidak hanya diberlakukan di Indonesia saja. Bahkan di beberapa negara lain sudah lebih dulu menerapkan aturan tersebut.

Menyalakan lampu motor di siang hari diklaim mampu menekan angka kecelakaan yang terjadi di siang hari. Di Indonesia sendiri aturan menyalakan lampu motor di siang hari tertuang dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam Pasal 107 Ayat (2) UU LLAJ disebutkan, Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Baca juga: Petualang Keliling Dunia Asal Inggris Ini Servis Motor di Gunung Sahari

Sedangkan, Pasal 293 Ayat (2) UU menerangkan, "Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah)".

Lampu sepeda motor.Shutterstock Lampu sepeda motor.

Aturan ini sudah mulai diberlakukan pada pada 2010 lalu atau satu tahun setelah undang-undang tersebut

Selain di Indonesia, beberapa negara ini juga sudah menerapkan aturan mengenai menyalakan lampu motor di siang hari. Mengutip thejournal, aturan mengenai menyalakan lampu kendaraan (motor) di siang hari sudah diterapkan di negara Eropa.

Komisi Eropa mulai memperkenalkan aturan Daytime Running Light (DRL) pada semua kendaraan bermotor baru sejak 2011. Selain di Eropa, aturan ini juga diterapkan di Amerika Serikat.

Dilansir dari idrivesafely, di kawasan California terdapat rambu peringatan agar menyalakan lampu di siang hari. Aturan menyalakan lampu kendaraan di siang hari juga berlaku di Alabama.

Baca juga: Buka Pintu Mobil Jangan Sembarangan, Ikuti Aturannya Demi Keselamatan

Kemudian negara lainnya yang menerapkan aturan serupa seperti Kanada, Norwegia dan Swedia. Aturan menyalakan lampu kendaraan di siang hari bertujuan untuk menekan kecelakaan karena meningkatkan visibilitas kendaraan bermotor bagi pengguna jalan lainnya.

"Lampu penerangan di siang hari berkontribusi mengurangi kecelakaan di jalan," kata Wakil Presiden Komisi Eropa Antonio Tajani dikutip dari situs resmi Uni Eropa.

Ilustrasi kecelakaan mobil.SHUTTERSTOCK Ilustrasi kecelakaan mobil.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.