Kenapa Posisi Tutup Tangki BBM Tiap Mobil Tidak Sama, Kiri dan Kanan?

Kompas.com - 12/01/2020, 14:05 WIB
Petugas mengisi BBM bersubsidi jenis Premium KOMPAS/PRIYOMBODOPetugas mengisi BBM bersubsidi jenis Premium
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap pabrikan memiliki pertimbangan sendiri dalam menentukan desain mobil. Hal ini membuat penempatan beberapa komponen ada perbedaan, misalnya letak tangki dan posisi tutup tangki BBM.

Tak ada aturan pasti perihal lokasi tutup tangki BBM, beberapa mobil ada yang menempatkan di sebelah kiri, namun ada juga yang menaruh di sebelah kanan.

Malah mobil zaman dulu ada yang menempatkan di bagian belakang.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, mengatakan jika posisi tutup tangki BBM menjadi ciri khas tiap pabrikan mobil.

Baca juga: Viral Struk Pengisian BBM Tidak Sesuai dengan Jumlah Aslinya

Ilustrasi bagian mulut tangki BBMGridOto.com Ilustrasi bagian mulut tangki BBM

Salah satu pertimbangannya agar titik berat mobil menjadi seimbang secara keseluruhan, dan posisinya menyesuaikan dengan desain komponen-komponen yang ditempatkan di bagian kolong.

“Biasanya tutup tangki berlawanan dengan lubang knalpot. Kalau misalnya tutup tangki di kanan, lubang knalpot pasti di sebelah kiri,” ujar Didi kepada Kompas.com (12/1/2020).

“Ada alasan safety karena knalpot panas dan sebagainya, tapi ada juga alasan desain agar penempatannya sesuai dan cocok dengan pertimbangan-pertimbangan tadi,” kata Didi.

Baca juga: Perbandingan Harga BBM Pertamina, Shell dan Total di Awal 2020

Menguras tangki bahan bakar Toyota Innova.Innova Community (IC) Menguras tangki bahan bakar Toyota Innova.

Sementara itu, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales Riecky Patrayudha, mengatakan meski posisi peletakan tutup tangki BBM bisa berbeda-beda, tapi secara umum letak tangki BBM biasanya berada di tengah mobil.

“Jadi meski mulut tangki berada di kanan, belum tentu tangki ada di kanan begitu juga sebaliknya. Rata-rata mobil zaman sekarang posisinya lebih ke tengah, karena pertimbangan sudah pakai penggerak depan jadi tidak ada gardan yang menghalangi,” ucapnya.

“Selain itu juga pertimbangan center of gravity yang lebih baik. Juga karena di belakang biasanya dipakai sebagai ruang penyimpanan, entah itu tool kit, ban serep, atau yang lainnya,” ujar Riecky.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X