Perbandingan Harga BBM Pertamina, Shell dan Total di Awal 2020

Kompas.com - 05/01/2020, 08:01 WIB
Ilustrasi SPBU TRIBUNNEWS/HERUDINIlustrasi SPBU
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bahan bakar minyak (BBM) umum atau non-subsidi pada awal tahun mengalami penyesuaian. Hal ini terjadi karena adanya amanat dari pemerintah dan perubahan harga minyak dunia.

Melalui keterangan resmi, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman, menyebut penyesuaian harga ini akan berlaku ke seluruh SPBU Indonesia pada 5 Januari 2020.

Sementara PT Shell Indonesia dan PT Total Oil Indonesia, menerapkan harga baru untuk produk mereka sejak 1 Januari 2020.

Baca juga: Pertamina Turunkan Harga Pertamax Cs

Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Powerbeberapa waktu lalu.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Powerbeberapa waktu lalu.

"Betul ada penurunan harga bahan bakar per tanggal 1 Januari 2020. Kebijakan internal Shell dalam penetapan harga tergantung beberapa kondisi seperti harga minyak dunia," kata VP External Relations Shell, Rhea Sianipar, di keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

Adapun amanat pemerintah, tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Berikut daftar BBM non-subsidi per Januari 2020 (satuan per liter):

Pertamina

-Pertamax: Rp 9.200

-Pertamax Turbo: Rp 9.900

-Pertamina Dex: Rp 10.200

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X