Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangki Bensin Sebaiknya Jangan Sampai Kurang dari Setengah

Kompas.com - 29/06/2019, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Tidak sedikit pemilik motor yang mengabaikan perawatan pada tangki motor. Padahal, komponen yang satu ini termasuk ke dalam komponen yang vital sebab bertugas untuk menampung bahan bakar.

Untuk itu, tak kalah pentingnya untuk melakukan perawatan pada tangki motor. Perawatan yang bisa dilakukan juga tidak sulit dan merepotkan. Disarankan, pemilik motor menjaga volume bahan bakar minimal setengah terisi.

Baca juga: Ketahui Alasan Kenapa Tangki BBM Mobil Harus Terisi Penuh

Ade Rohman, Asisten Manajer Pelatihan Teknis PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, secara prosedural tidak ada anjuran khusus untuk menjaga isi tangki bahan bakar tidak sampai kurang dari setengah. Namun, setelah ditelaah ada beberapa hal yang bisa dicermati.

"Tangki yang diisi penuh dengan bensin akan membantu sistem pendinginan sehingga fuel pump menjadi lebih awet," ujar Ade, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Perlu Atau Tidak Kuras Tangki BBM Mobil?

Ade juga menjelaskan, tangki bensin yang memiliki banyak ruang akan membuat udara di dalamnya lebih mudah mengalami kondensasi atau pengembunan sehingga pembakaran motor tidak akan sempurna karena bercampur dengan air hasil kondensasi tersebut.

"Kekosongan ruang di dalam tangki akan mengakibatkan adanya tempat berkumpulnya udara. Apabila terkena dingin, udara akan berubah jadi uap. Hal itu menyebabkan terjadinya korosi di dalam tangki bahan bakar sehingga tangki menjadi mudah keropos dan mengalami kebocoran," kata Ade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com