Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daihatsu Buka Program Servis Mobil yang Terendam Banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada awal 2020 menimbulkan kerugian, khususnya mobil yang terendam hingga terseret arus air.

Bagi pemilik kendaraan yang terendam banjir, diimbau untuk segera lakukan perbaikan. Pasalnya, jika terlalu lama didiamkan akan semakin banyak kerusakan yang timbul dan membuat pengeluaran makin membengkak.

Guna meringankan beban korban, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyediakan paket jasa servis. Program khusus pemilik mobil Daihatsu ini diselenggarakan hingga 29 Februari 2020.

"Pada program ini, pemilik mobil Daihatsu dapat memeriksakan kendaraannya secara Gratis. Kemudian, ada beberapa benefit berupa potongan harga atau diskon," kata Head Product Improvement Technical Service Division PT ADM Bambang Supriyadi melalui keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Adapun keuntungan lainnya, ialah diskon 15 persen khusus layanan jasa, komponen, dan oli. Diskon 20 persen khusus pembersihan kabin dan layanan salon mobil.

Menurut Bambang, mobil-mobil konsumen yang terkena banjir akan dilakukan pemeriksaan lebih dahulu sebelum dilakukan tindakan. Setelah mendapatkan informasi detail kondisi mobil, perbaikan dilakukan dengan dua cara yaitu menghilangkan bekas banjir dan mengganti beberapa suku cadang.

Untuk ongkos pembersihan dek sampai pengeringan, Daihatsu mematok kisarannya sebesar Rp 800.000. Sementara bila banjir sampai merendam interior dan mengenai jok, biayanya akan mencapai Rp 6 jutaan.

"Dalam kasus ini, contohkan saja Xenia. Biaya untuk pembersihan Rp 1 juta, sementara pengantian jok sebanyak tiga barus bisa Rp 6 juta," kata dia.

"Untuk jok plus, kalau kendaraan bekas banjir walau masih bisa dipakai pasti ada efek negatifnya. Seperti busa yang lebih mendam (bantat), bau, dan tidak senayaman seperti awal. Tapi biasanya memang orang memilih membersihkan dibandingkan ganti baru karena mengejar fungsinya serta menekan pengeluaran yang lebih mahal," ujar Bambang.

Bila banjir merendam sampai sektor mesin, Bambang menyarankan ada beberapa pergantian penting selain dibersihkan, yakni oli mesin, oli gardan, dan oli transmisi. Tapi bila ternyata air juga merendam sektor kelistrikan, terutama Electronic Control Unit (ECU), maka pemilik Xenia harus merogoh kantong hingga Rp 2,8 juta.

"Maka dengan adanya pemberian potongan harga, beban tersebut bisa dikurangi. Lebih lanjut, konsumen bisa menghubungi layanan panggilan darurat 24 jam melalui call center Astra World di 1500898," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/08/074200215/-daihatsu-buka-program-servis-mobil-yang-terendam-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke