Penanganan Pertama Bersihkan Kabin Mobil yang Kebanjiran

Kompas.com - 03/01/2020, 15:31 WIB
Luapan Kali Ciliwung memutus jalur kendaraan di Jalan KH Abdullah Syafiie, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2014). Luapan kali mulai menggenangi permukiman dan memutus jalan sejak Senin dini hari. AGUS SUSANTO/KOMPASLuapan Kali Ciliwung memutus jalur kendaraan di Jalan KH Abdullah Syafiie, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2014). Luapan kali mulai menggenangi permukiman dan memutus jalan sejak Senin dini hari.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan menjadi salah satu korban akibat banjir yang terjadi di sejumlah wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sejak 1 Januari 2020 lalu.

Tidak sedikit mobil yang terendam air dan membuat beberapa komponen lainnya rusak, khususnya di bagian interior. Bahkan, beberapa diantaranya sampai hanyut.

Bagi pemilik yang mengalami hal tersebut, CEO Makko Group Christopher Sabastian mengatakan, segera lakukan penindakan 'penyelamatan' pertama. Yaitu, cabut kelistrikan mobil dan evakuasi tanpa menyalakan mesin.

Baca juga: 3 Masalah yang Muncul Usai Mobil Terendam Banjir

Perumahan Pondok Gede Permai, Bekasi, mobil terseret genangan air banjir.youtube.com/adaadaajachannel Perumahan Pondok Gede Permai, Bekasi, mobil terseret genangan air banjir.

"Bila interior sudah terendam air, jok sampai kacanya, jangan diapa-apakan dahulu. Kalau bisa copot sendiri, paling karpetnya saja dan bersihkan sampah yang ikut masuk," katanya kepada Kompas.com, Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Jika masih ada air yang menggenang, lanjut dia, segera kuras sampai kering. Lakukan hal itu sembari menunggu mekanik atau bengkel langganan datang menjemput mobil agar dibersihkan lebih lanjut.

"Bersihkannya bisa menggunakan microfiber. Semua itu dilakukan dalam keadaan mobil diam, jangan dinyalakan," ujar Christopher.

Baca juga: Daftar Layanan Towing Mobil Sesuai Merek, Ada yang Gratis

Ilustrasi interior mobil yang mengalami kebanjiranKompas.com/Dio Ilustrasi interior mobil yang mengalami kebanjiran

Pada kesempatan terpisah, Operation Manager Autospa Bekasi Ario Hadi menyatakan jika pemilik memaksa bersihkan interior mobil tanpa berhati-hati, beberapa bagian akan menjadi rusak.

"Busa jok bisa ikutan rembes, interior jadi lecet halus dan tidak bisa hilang, dan sebagainya. Masalah elektrik juga bisa terjadi karena kabel tidak dibersihkan dengan benar. Lebih baik serahkan bagian itu kepada ahlinya," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X