Tol Cikampek Arah ke Jakarta Macet, Jasa Marga Berlakukan Contraflow

Kompas.com - 02/01/2020, 12:17 WIB
Kendaraan pemudik terjebak macet di Tol Cikampek, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). Pada H+2 lebaran, Tol Cikampek mulai dipadati kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta. ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGAKendaraan pemudik terjebak macet di Tol Cikampek, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). Pada H+2 lebaran, Tol Cikampek mulai dipadati kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek mengarah ke Jakarta terpantau padat sejak pagi tadi. Arus kendaraan bahkan sesekali tidak bergerak.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Dwimawan Heru mengatakan, potensi kemacetan akibat genangan terjadi di Km 24+000 arah Jakarta. Dalam upaya mengurainya, diberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow.

"Saat ini Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan contraflow mulai dari Cikarang Barat Km 29 s.d. Cibitung Km 23+800 arah Jakarta sejak pukul 08.15 WIB," katanya melalui keterangan resmi, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Baca juga: Atasi Banjir, Tol Cipali Harus Dijaga Tanggul

Petugas mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Cikampek Utama KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). PT Jasa Marga (Persereo) Tbk memberlakukan sistem satu arah (one way) sejak pukul 14:05 WIB untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang dimulai dari gerbang tol Kalikangkung KM 414 hingga gerbang tol Cikampek Utama KM 70 yang rencananya akan diberlakukan hingga Minggu (9/6/2019).ANTARA FOTO/MUHAMAD IBNU CHAZAR Petugas mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Cikampek Utama KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). PT Jasa Marga (Persereo) Tbk memberlakukan sistem satu arah (one way) sejak pukul 14:05 WIB untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang dimulai dari gerbang tol Kalikangkung KM 414 hingga gerbang tol Cikampek Utama KM 70 yang rencananya akan diberlakukan hingga Minggu (9/6/2019).

Ia berharap, diberlakukannya contraflow ini dapat mengurangi kepadatan yang terjadi di beberapa akses keluar Jalan Tol Jakarta-Cikampek di wilayah Cikarang dan Cibitung. Kini, genangan air masih menutup lajur 1 sampai lajur 4 di Km 24+000 arah Jakarta.

"Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan," kata Dwimawan.

Sebelumnya dikabarkan bahwa ruas tol Jakarta-Cikampek menuju arah Jakarta macet parah pada dini hari (2/1/2020) akibat banjir. Tidak sedikit pengguna tol yang mengeluhkan hal tersebut lewat twitter.

Salah satunya ialah pemilik akun @Dh1anz yang menyebut bahwa kemacetan panjang terjadi di km 38 arah Jakarta. Sekitar 10 kilometer jalur tersebut dipenuhi kendaraan berat.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X