Wajib Periksa Komponen Ini Usai Mobil Kebanjiran

Kompas.com - 02/01/2020, 07:02 WIB
Ketinggian air sudah mencapai setengah badan mobil kala banjir melanda Perumahan Kartika Baru, Rabu (01/01/2019) SYIFA NURI KHAIRUNNISAKetinggian air sudah mencapai setengah badan mobil kala banjir melanda Perumahan Kartika Baru, Rabu (01/01/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com -  Hujan yang terus menerus membuat Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir di hari pertama 2020. Bencana banjir menimbulkan kerusakan pada kendaraan. Kerusakan terjadi karena komponen-komponen penting dalam mobil yang terkena air.

Perlu diketahui jika air merupakan penghantar listrik yang cukup baik,. Jadi apabila konektor terkena air maka bisa menyebabkan korsleting pada kendaraan.

Didi Ahadi, Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), ketika dihubungi otomotif KOMPAS.com, di Jakarta, Senin (01/01/2020), mengatakan, jika ketinggian air sudah masuk ke dalam kabin maka segera cek komponen kelistrikan yang utama.

Baca juga: Banjir di Jakarta, Jalan Tol Dalam Kota Gratis Selama 18 Jam

" Komponen-komponen yang wajib di periksa pada mobil pasca kebanjiran adalah komponen kelistrikan," kata Didi.

Apa saja komponen itu, simak uraian berikuta ini:

1. ECU (Elektronic Control Unit) 

Ecu berfungsi untuk mengatur bahan bakar kendaraan. Biasanya ecu ditempatkan pada ruang kabin atau ruang mesin pada mobil. Jika sampai kemasukan air maka sangat fatal, karena ecu adalah sistem pengatur, ibaratnya otak dari sistem elektronik yang ada pada mobil.

2. Altenator

Altenator atau biasa yang disebut generator ini berfungsi debagai penyuplai listrik ke aki. Walau gejala yang diberikan pada komponen ini tidak terlihat usai mobil kebanjiran, ada baiknya tetap memeriksa komponen ini.

3. Soket

Soket merupakan piranti penting yang dapat menghantarkan air ke listrik sehingga dapat mengakibatkan korsleting.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X