Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Honda Astrea Grand Jadi C70, Simak Ubahan yang Diperlukan

Kompas.com - 27/12/2019, 10:00 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren restorasi sepeda motor bebek retro merebak beberapa tahun belakangan ini. Namun tidak hanya mengembalikan ke kondisi semula, banyak juga yang mengubah motornya jadi lebih lawas dari aslinya.

Seperti disebutkan, Wahyu Diwa, builder dari Diwa Creative Studio di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan saat ini banyak Honda Grand yang dibuat jadi lebih ''jadul'' menjadi ala Honda C70 alias ''Pitung.''

Baca juga: Honda Astrea Grand Banyak Dibuat Jadi Ala C70

"Selain dikembalikan seperti aslinya, ada juga yang dibuat seperti pendahulunya yaitu C70. Model ini sangat diminati karena desainnya yang tak lekang oleh waktu," kata Wisnu kepada Kompas.com, belum lama ini.

Wahyu mengatakan, pada dasarnya tidak terlalu sulit membuat Astrea menjadi ala C70. Hanya saja memang perlu ada penggantian jika ingin benar-benar mirip, seperti suspensi depan dan spakbor belakang.

Berikut tips dari Wahyu jika ingin mengubah Astrea Grand jadi ala C70:

Honda Astrea modifikasi ala C70Foto: Istimewa Honda Astrea modifikasi ala C70

Kaki kaki

Apabila ingin menggunakan komponen yang sama berarti harus dipersiapkan suspensi depan milik C70 yang akan menggantikan suspensi teleskopik bawaan Grand.

Tapi kalau tidak ingin suspensi ayun seperti C70 tetap bisa menggunakan suspensi teleskopik punya Grand. Keunggulannya lebih praktis, karena tidak perlu banyak ubahan salah satunya spatbor depan dan bagian hub/teromol.

Paket batok kepala Honda C70 replika.Ghulam/Otomania Paket batok kepala Honda C70 replika.

Area head atau kepala

Siapkan pangkon stang berikut casing atas bawah, yang lama kemudian di potong dan digantikan pangkon baru, bisa aftermarket atau copotan asli C70.

Spatbor belakang

Spatbor belakang milik C70 disambungkan dengan bagian ujung belakang punya Grand. Wahyu mengatakan meski terkesan mudah harap perhatikan supaya lingkar spatbor belakangnya simetris.

Baca juga: Honda Pitung C70, Bebek Paling Laris yang Legendaris

Salah satu stan barang antik di Pasar Klitikan Kota Lama, Semarang yang menjual kendaraan antik motor Honda C70.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu stan barang antik di Pasar Klitikan Kota Lama, Semarang yang menjual kendaraan antik motor Honda C70.

Bodi

Bodi plastik dibuka semua hingga hanya tersisa bodi besi. Sayap plastik putih ciri khas C70 bisa dipasang hanya saja filter asli Grand tidak bisa di gunakan lagi.

"Kemudia boks aki bawaan asli Grand diganti model C70 dengan membuat lubang drat 10 di bagian tengah untuk pegangan boks tersebut," katanya.

Jok lama Grand dibuang digantikan model C70. Sisanya hanya detil pemanis seerti pemasangan yakni lampu, sein speedometer dan knalpot.

Biaya

Wahyu mengatakan biaya tergantung bahan-bahan yang digunakan. Rinciannya jika menggunakan part aftermarket alias KW berikut cat menyentuh Rp 6 juta. Itu pun tergantung cat yang digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com