Jangan Lumasi Rantai Motor dengan Oli Bekas

Kompas.com - 09/12/2019, 09:22 WIB
Rantai motor yang ideal. ddoci.wordpress.comRantai motor yang ideal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rantai merupakan komponen penting yang harus diperhatikan para pemilik sepeda motor, terutama ketika musim hujan agar tetap nyaman dan aman digunakan.

Bagas Windianto dari GMA Product Series, menyatakan, pelumasan adalah cara merawat rantai motor paling cepat dan mudah. Dampak dari lalai melakuaknnya ialah rantai menjadi aus dan cepat rusak.

"Namun yang patut diperhatikan adalah, jangan melumasi rantai denan oli bekas. Hal ini kerap terjadi khususnya bila ingin menghemat waktu, jadi pakai yang ada saja. Bahayanya, rantai cepat aus," ujar dia di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bawa Mobil Liburan Akhir Tahun, Jangan Lupa Servis Dulu

Cara bersihkan rantai motorwww.Youtube.com Cara bersihkan rantai motor

Menurutnya, oli bekas memiliki kandungan kotoran dari dalam mesin. Sehingga, membuat rantai menjadi lebih kotor saat dilakukan pelumasan menggunakan oli tersebut.

"Rantai itu ada pelindugnya, ketika dilumasi oli bekas malah menjadi cepat panas dan mengeras. Kelamaan, jadi aus," kata dia.

Membersihkan rantai motor dengan bensin juga disebut kurang baik. Karena, akan membuat rantai kering dan gesekannya dengan gir semakin kuat, membuat rantai cepat rusak.

"Sekalipun dibersihkan, kembali dilumasi menggunakan oli baru atau cairan khusus rantai. Jika dalam kondisi hujan, baiknya pelumasan dilakukan seminggu sekali," katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X