Tips Merawat Busi pada Motor

Kompas.com - 01/11/2019, 16:46 WIB
Busi motor Injeksi zona435412Busi motor Injeksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Busi merupakan salah satu komponen penting pada siklus pembakaran mesin kendaraan berbahan bakar bensin. Oleh sebab itu, dipastikan busi harus selalu dalam kondisi prima agar proses pengapiannya tidak mengalami masalah.

Dalam hal ini akan membahas seputar menjaga atau melakukan perawatan busi untuk sepeda motor. Salah satu caranya, yaitu pemilik motor itu harus rajin memperhatikan kondisi dari busi itu sendiri.

Wima, Marketing Brisk Motor Indonesia mengatakan, ada baiknya pemilik motor selalu mengecek kondisi busi setiap satu bulan sekali. Menurut dia, apabila rutin bisa menjaga performa tetap maksimal.

Baca juga: Kenali Tiga Ciri Busi Palsu

"Jadi bisa dibersihkan, setelah itu dipasang lagi. Jika rutin, umur pemakaiannya bisa lebih panjang lagi," kata Wima di Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Wina melanjutkan, ketika memasang busi juga tidak boleh sembarangan. Maksud dia, tunggu beberapa saat untuk menghidupan mesin dari motornya itu sendiri.

"Jadi biarkan ecu dari motor itu sendiri membaca dulu. Biarkan kunci kontak menyala, tapi jangan dulu menyalakan mesin. Setelah tiga kali diulangi, baru boleh. Tujuannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti mesin berebet," kata dia.

Pilihan Busi Baru buat Motor Harian

Busi BriskKOMPAS.com / Aditya Maulana Busi Brisk

Brisk Motor Indonesia resmi meluncurkan produk terbarunya, yakni X-Line yang diklaim mampu meningkatkan performa motor harian.

Busi ini hadir dengan jenis baru yang kemasannya identik dengan warna biru. Bentuknya yang menyerupai jenis LGS, menjadikan sistem pembakaran yang sempurna, yaitu 360°. Ditambah lagi bahan dasar yang digunakan merupakan pengantar panas terbaik yaitu perak/silver.

Bahkan, busi ini juga diklaim cocok untuk pemakaian harian maupun balap.

“Seperti kita ketahui performa LGS sangat bagus, hanya saja kendala bagi motor-motor di Asia yaitu cc kecil. Sehingga listrik yang disalurkan ke busi juga kecil, membuat performa busi Brisk tipe LGS tidak maksimal,” ucap Giman, Owner GMA Product Series di Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Baca juga: Cara Benar Buka Tutup Kepala Busi di Motor

Giman melanjutkan, atas dasar itulah lahir busi Brisk X-Line yang bisa menjawab kebutuhan para pengguna motor di Tanah Air. Busi ini diciptakan khusus pasar di Asia yang didominasi motor-motor dengan kapasitas mesin kecil.

“Kelebihan XLINE yaitu, listrik yang dibutuhkan untuk memantik busi tidak besar, sehingga bisa dipakai dari motor cc kecil sampai cc berapa saja bisa menggunakan XLINE," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X