SIM Khusus Moge Masih Butuh Kajian Mendalam

Kompas.com - 16/12/2019, 19:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana pengklasifikasian Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk sepeda motor berdasarkan kapasitas mesin sempat beredar dua tahun lalu. Sekarang, sudah tidak terdengar lagi bagaimana perkembangannya.

Wacananya, SIM C akan digolongkan menjadi tiga golongan. SIM C untuk motor di bawah 250 cc, SIM CI untuk motor 250 cc hingga 500 cc, dan SIM CII untuk motor di atas 500 cc.

Baca juga: Berapa Kapasitas Minimal Mesin Motor yang Disebut Moge?

Bahkan, pemerintah sudah sempat mengeluarkan peraturannya. Tertulis dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Salah satu motor gede (moge) yang ikut meramaikan Distinguished Gentlemans Ride (DGR), Minggu (30/9/2018).KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA Salah satu motor gede (moge) yang ikut meramaikan Distinguished Gentlemans Ride (DGR), Minggu (30/9/2018).

Disebutkan bahwa tarif penerbitan SIM C, yaitu Rp 100.000, perpanjang Rp 75.000, CI Rp 100.000, perpanjang Rp 75.000, dan CII Rp 100.000, perpanjang Rp 75.000.

Kasie SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Lalu Hedwin mengatakan, wacana tersebut memang sempat beredar. Namun, menurutnya masih butuh kajian mendalam, sebelum direalisasikan.

Baca juga: Definisi Moge Ternyata Juga Berbeda di Tiap Negara

"Aturan seperti itu harus dari atas, dari Korlantas. Kalau kita kan hanya sebagai pelaksana saja. Kita pada dasarnya siap apa yang diinstruksikan," ujar Hedwin, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.