Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kaleidoskop 2019

Deretan Mobil Baru yang Meluncur Sepanjang 2019

Kompas.com - 13/12/2019, 12:22 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah produsen otomotif saling berlomba untuk menghadirkan mobil terbaru di tahun 2019. Ada banyak model maupun tipe yang dihadirkan demi menarik hati pembeli.

Inilah sederet produk mobil terbaru yang keluar di tahun 2019.

1. Honda Accord

PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan mobil baru All New Accord pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Sedan menengah yang dibanderol Rp 698 juta ini, menawarkan ragam fitur unggulan.

Beberapa di antaranya, adalah Smart Entry, Remote Engine Start, One Push Ignition System, Walk Away Auto Lock, Electric Parking Brake, Auto Foldable Side Door Mirror, Rain Sensing Windshield Wiper, dan masih banyak lagi

Selain itu, Honda juga mau meluncurkan HR-V edisi terbatas di GAIKINDO International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2019. Disebut edisi terbatas, rumornya bakal menjadi varian termurah dari sport utility vehicle (SUV) entry ini.

"All New Honda Accord merupakan sedan premium dengan fitur keselamatan yang lengkap dan canggih. Dengan dilengkapi berbagai pembaharuan dan teknologi Honda Sending, kami percaya All New Accord akan diterima dengan baik oleh konsumen di Indonesia," ujar Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM, saat peluncuran All New Accord di GIIAS 2019, Kamis (18/7/2019).

Baca juga: Test Fitur Berhenti Otomatis Mobil Baru Honda Accord

Nissan X-Trail KOMPAS.com/Gilang Nissan X-Trail

 

2. Nissan x-Trail Facelift

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi meluncurkan X-Trail facelift di ajang GIIAS 2019, Rabu (18/7/2019). Sport Utility Vehicle ( SUV) mengalami sejumlah ubahan terutama dari sektor eksterior.

Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT NMI mengatakan, banyak ubahan yang terjadi pada X-Trail terbaru ini. Fitur unggulan pun siap dihadirkan untuk konsumen di Indonesia.

"Banyak fitur yang menjadi keunggulan X-Trail. Mulai punya panoramic sunroof terbesar di kelasnya, intelegent cruise control, touchless backdoor, dan masih banyak lagi," ujar Sekiguchi di stan Nissan, GIIAS 2019, Rabu (18/7/2019).

Salah satu SUV andalan Nissan di Indonesia ini sangat cocok untuk konsumen yang berkegiatan di dalam kota. Ubahannya pun diklaim cukup signifikan dan sesuai dengan karakter pembeli di Tanah Air.

"X-Trail terbaru ini hanya ada satu varian saja, yaitu VL dan diimpor utuh dari Jepang. Kami ingin fokus lagi di Indonesia dengan menghadirkan beragam produk baru," kata Sekiguchi pada peresmiannya di GIIAS 2019.

Baca juga: Impresi Berkendara Nissan X-Trail Facelift

Suzuki JimnyKOMPAS.com/Ruly Suzuki Jimny

3. Suzuki Jimny

Setelah lama menanti, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi merilis harga Suzuki Jimny generasi keempat di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (2019), Kamis (18/7/209).

Mobil bergenre SUV tersebut dipasarkan dalam empat varian. Sementara untuk harga di mulai dari Rp 315,5 juta untuk single tone MT, Rp 317,5 juta two tone MT, Rp 328 juta single tone AT, dan untuk two tone AT sebesar Rp 330 juta.

Pengumuman harga resmi Jimny di GIIAS 2019 ini seakan menjadi kejutan. Pasalnya, Jimny dikabarkan akan memiliki banderol Rp 350 juta sampai Rp 400 jutaan. Artinya, harga resmi Jimny lebih murah dari yang diisukan sebelumnya.

"Jimny telah melegenda dan menjadi bagian dari sejarah otomotif Indonesia. Sejak diperkenalkan pada 1979, Jimny telah terjual lebih dari 130.000 unit dan sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat melalui ketangguhan dan performanya di berbagai medan offroad," kata President Director PT SIS Seiji Itayama di GIIAS 2019, ICE, BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019).

Baca juga: Keran Pemesanan Bocor, Inden Suzuki Jimny Tembus 10 Tahun Lebih

Supra berkelir merah tampil di panggung utama Toyota di GIIAS 2019, BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019).Kompas.com/Setyo Adi Supra berkelir merah tampil di panggung utama Toyota di GIIAS 2019, BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019).

4. Toyota GR Supra

PT Toyota Astra Motor (TAM) hanya mendapatkan jatah 4 unit GR Supra dari prinsipal. Hal itu, karena mobil sport legendaris ini merupakan produk global, dan secara permintaan cukup tinggi.

Meski punya banderol tinggi, yaitu Rp 2 miliar, tetapi kini statusnya sudah habis terjual. Bahkan, konsumen yang melakukan pemesanan di luar kuota ini akan mendapatkan unit tahun depan.

"Jadi karena permintaan secara global juga tinggi, kita hanya mendapatkan jatah 4 unit saja untuk tahun ini, dan sudah habis terjual," ujar Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto dalam acara Toyota Sport Car Media Experience di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/11/2019).

Baca juga: Cuma Ada 4 Unit, Toyota Supra Sudah Habis Terjual

DFSK Glory E3, SUV listrik dari China di IEMS 2019 DFSK Glory E3, SUV listrik dari China di IEMS 2019

5. DFSK Motors Glory i-Auto

Selain produsen otomotif dari Jepang, ada produsen asal China yang juga menggelontorkan produk mobil terbarunya. Adalah PT Sokonindo Automobile ( DFSK Motors) yang memperkenalkan mobil baru Glory i-Auto ke publik di GIIAS 2019.

Mobil yang disebut varian tertinggi dari Glory 560 ini sudah dibekali dengan teknologi baru. Teknologi itu, yakni perintah suara (voice command) yang diberi nama oleh DFSK dengan "i-Talk". Klaim DFSK, kecerdasan mobil, sistem elektrik, interkoneksi, dan berbagai hal lainnya adalah tren utama dalam perkembangan mobil di masa depan.

Fitur perintah suara ini dapat mengendalikan berbagai perlengkapan yang ada di dalam mobil, seperti membuka sunroof, menyalakan pendingin udara, membuka kaca jendela, dan lainnya. Franz Wang, Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Automobile menjelaskan, dalam 10 tahun terakhir, segmen SUV selalu mengalami tren pertumbuhan yang cukup baik. Baca juga: Lebih Murah, Kejutan Harga Suzuki Jimny di GIIAS 2019.

"Melihat data di bulan pertama 2019, total market mengalami penurunan hingga 12,4 persen, namun segmen SUV tetap tumbuh secara share market sebanyak 1,43 persen atau menguasai 18,9 persen," ujar Franz dalam sambutannya di GIIAS 2019, Kamis (18/7/2019).

Baca juga: DFSK Buatan Indonesia Mulai Ekspor ke Hong Kong

Daihatsu HybridKOMPAS.com/Gilang Daihatsu Hybrid

6. Daihatsu

Daihatsu memperkenalkan mobil konsep hibrida di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Sosoknya langsung mencuri perhatian karena berjenis MPV namun memiliki sosok yang sporty.

Tidak mudah mendapat gambar mobil hibrida yang masih belum diungkap ini. Tim Daihatsu tampak cekatan menutup selubung mobil agar sosoknya tidak bisa diabadikan kamera.

Hal menarik dari mobil ini adalah mobil konsep pertama Daihatsu berteknologi hibrida. Tak pelak ada harapan bahwa ia bakal masuk produksi massal, menyusul rekannya Toyota yang akan melansir model hibrida di GIIAS 2019.

Bicara desain Daihatsu tampak menyasar pembeli muda. Desainnya serba lancip dengan bentuk lampu depan sipit dan air diffuser besar di bagian depan.

Sekilas bentuk ini mirip-mirip dengan fasia depan Mitsubishi Xpander. Identitas sebagai mobil berpenggerak dua mesin ini tertera jelas dari tulisan 'Hybrid' di sisi samping mobil bagian bawah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com