Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Mobil Baru yang Meluncur Sepanjang 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah produsen otomotif saling berlomba untuk menghadirkan mobil terbaru di tahun 2019. Ada banyak model maupun tipe yang dihadirkan demi menarik hati pembeli.

Inilah sederet produk mobil terbaru yang keluar di tahun 2019.

1. Honda Accord

PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan mobil baru All New Accord pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Sedan menengah yang dibanderol Rp 698 juta ini, menawarkan ragam fitur unggulan.

Beberapa di antaranya, adalah Smart Entry, Remote Engine Start, One Push Ignition System, Walk Away Auto Lock, Electric Parking Brake, Auto Foldable Side Door Mirror, Rain Sensing Windshield Wiper, dan masih banyak lagi

Selain itu, Honda juga mau meluncurkan HR-V edisi terbatas di GAIKINDO International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2019. Disebut edisi terbatas, rumornya bakal menjadi varian termurah dari sport utility vehicle (SUV) entry ini.

"All New Honda Accord merupakan sedan premium dengan fitur keselamatan yang lengkap dan canggih. Dengan dilengkapi berbagai pembaharuan dan teknologi Honda Sending, kami percaya All New Accord akan diterima dengan baik oleh konsumen di Indonesia," ujar Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM, saat peluncuran All New Accord di GIIAS 2019, Kamis (18/7/2019).

 

2. Nissan x-Trail Facelift

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi meluncurkan X-Trail facelift di ajang GIIAS 2019, Rabu (18/7/2019). Sport Utility Vehicle ( SUV) mengalami sejumlah ubahan terutama dari sektor eksterior.

Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT NMI mengatakan, banyak ubahan yang terjadi pada X-Trail terbaru ini. Fitur unggulan pun siap dihadirkan untuk konsumen di Indonesia.

"Banyak fitur yang menjadi keunggulan X-Trail. Mulai punya panoramic sunroof terbesar di kelasnya, intelegent cruise control, touchless backdoor, dan masih banyak lagi," ujar Sekiguchi di stan Nissan, GIIAS 2019, Rabu (18/7/2019).

Salah satu SUV andalan Nissan di Indonesia ini sangat cocok untuk konsumen yang berkegiatan di dalam kota. Ubahannya pun diklaim cukup signifikan dan sesuai dengan karakter pembeli di Tanah Air.

"X-Trail terbaru ini hanya ada satu varian saja, yaitu VL dan diimpor utuh dari Jepang. Kami ingin fokus lagi di Indonesia dengan menghadirkan beragam produk baru," kata Sekiguchi pada peresmiannya di GIIAS 2019.

3. Suzuki Jimny

Setelah lama menanti, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi merilis harga Suzuki Jimny generasi keempat di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (2019), Kamis (18/7/209).

Mobil bergenre SUV tersebut dipasarkan dalam empat varian. Sementara untuk harga di mulai dari Rp 315,5 juta untuk single tone MT, Rp 317,5 juta two tone MT, Rp 328 juta single tone AT, dan untuk two tone AT sebesar Rp 330 juta.

Pengumuman harga resmi Jimny di GIIAS 2019 ini seakan menjadi kejutan. Pasalnya, Jimny dikabarkan akan memiliki banderol Rp 350 juta sampai Rp 400 jutaan. Artinya, harga resmi Jimny lebih murah dari yang diisukan sebelumnya.

"Jimny telah melegenda dan menjadi bagian dari sejarah otomotif Indonesia. Sejak diperkenalkan pada 1979, Jimny telah terjual lebih dari 130.000 unit dan sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat melalui ketangguhan dan performanya di berbagai medan offroad," kata President Director PT SIS Seiji Itayama di GIIAS 2019, ICE, BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019).

4. Toyota GR Supra

PT Toyota Astra Motor (TAM) hanya mendapatkan jatah 4 unit GR Supra dari prinsipal. Hal itu, karena mobil sport legendaris ini merupakan produk global, dan secara permintaan cukup tinggi.

Meski punya banderol tinggi, yaitu Rp 2 miliar, tetapi kini statusnya sudah habis terjual. Bahkan, konsumen yang melakukan pemesanan di luar kuota ini akan mendapatkan unit tahun depan.

"Jadi karena permintaan secara global juga tinggi, kita hanya mendapatkan jatah 4 unit saja untuk tahun ini, dan sudah habis terjual," ujar Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto dalam acara Toyota Sport Car Media Experience di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/11/2019).

5. DFSK Motors Glory i-Auto

Selain produsen otomotif dari Jepang, ada produsen asal China yang juga menggelontorkan produk mobil terbarunya. Adalah PT Sokonindo Automobile ( DFSK Motors) yang memperkenalkan mobil baru Glory i-Auto ke publik di GIIAS 2019.

Mobil yang disebut varian tertinggi dari Glory 560 ini sudah dibekali dengan teknologi baru. Teknologi itu, yakni perintah suara (voice command) yang diberi nama oleh DFSK dengan "i-Talk". Klaim DFSK, kecerdasan mobil, sistem elektrik, interkoneksi, dan berbagai hal lainnya adalah tren utama dalam perkembangan mobil di masa depan.

"Melihat data di bulan pertama 2019, total market mengalami penurunan hingga 12,4 persen, namun segmen SUV tetap tumbuh secara share market sebanyak 1,43 persen atau menguasai 18,9 persen," ujar Franz dalam sambutannya di GIIAS 2019, Kamis (18/7/2019).

6. Daihatsu

Daihatsu memperkenalkan mobil konsep hibrida di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Sosoknya langsung mencuri perhatian karena berjenis MPV namun memiliki sosok yang sporty.

Tidak mudah mendapat gambar mobil hibrida yang masih belum diungkap ini. Tim Daihatsu tampak cekatan menutup selubung mobil agar sosoknya tidak bisa diabadikan kamera.

Hal menarik dari mobil ini adalah mobil konsep pertama Daihatsu berteknologi hibrida. Tak pelak ada harapan bahwa ia bakal masuk produksi massal, menyusul rekannya Toyota yang akan melansir model hibrida di GIIAS 2019.

Bicara desain Daihatsu tampak menyasar pembeli muda. Desainnya serba lancip dengan bentuk lampu depan sipit dan air diffuser besar di bagian depan.

Sekilas bentuk ini mirip-mirip dengan fasia depan Mitsubishi Xpander. Identitas sebagai mobil berpenggerak dua mesin ini tertera jelas dari tulisan 'Hybrid' di sisi samping mobil bagian bawah.

Bodi bagian sampingnya makin sporti dengan pilar warna hitam membuat atapnya terlihat melayang. Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra menjelaskan, GIIAS 2019 akan menjadi ajang untuk melakukan survei kepada konsumen.

Apabila diterima dengan baik maka tidak menutup kemungkinan masuk dalam tahap selanjutnya, yakni produksi massal.

"Konsep ini dikembangkan oleh Daihatsu Indonesia dan juga Jepang. Kita pilih MPV karena karakter konsumen di Indonesia lebih suka dengan mobil sejenis MPV itu," ucap Amel beberapa waktu lalu.

7. Mitsubishi

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi menghadirkan SUV terbarunya Eclipse Cross di pameran otomotif nasional Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Eclipse Cross dibekali dengan mesin 1.5 L Turbo MIVEC, empat silinder, 16-valve, DOHC.

Dengan turbocharger dan intercooler, Eclipse Cross mampu hasilkan 160 tk pada 5.500 rpm. Sementara torsi maksimumnya, sanggup mencapai 250 Nm antara 1.800 rpm hingga 4.500 rpm.

Kecepatan tertinggi yang didapat diklaim mencapai 200 kpj, dengan kemampuan akselerasi 0-100 km hanya 9,3 detik. Menurut data spesifikasinya, konsumsi bahan bakar Eclipse Cross adalah 14,9 km per liter dengan kapasitas tangki bahan bakar 63 liter.

Mengenai dimensinya, SUV terbaru dari Mitsubishi ini memiliki panjang 4.405 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.685 mm. Panjang sumbu rodanya 2.670 mm, dengan radius putar 5,3 meter. Terkait harga, Mitsubishi masih belum mengumumkan informasi ini. Namun, jika melihat segmentasinya, kemungkinan harga Eclipse Cross tidak akan lebih dari Rp 500 juta.

8. Volkswagen Tiguan Allscape

PT Garuda Mataram Motor (GMM) memperkenalkan varian terbaru Volkswagen Tiguan Allscape. Generasi kedua Tiguan ini menawarkan kabin yang luas dan kapasitas tujuh penumpang.

"Sesuai dengan nama yang diusungnya, apapun rencana perjalanan melewati kota dan pedesaan Tiguan Allspace menyediakan ruang kabin yang diperlukan konsumen," ucap COO PT GMM, Jonas Chendana, di GIIAS 2019, Sabtu (20/7/2019).

Tiguan Allspace sudah menggunakan platform MQB terbaru. Mobil ini hadir dengan jarak sumbu roda yang 77 milimeter lebih panjang dari model terdahulu serta tambahan kursi di baris ketiga.

Kapasitas bagasinya sebesar 230 liter. Jika kursi baris ketiga dilipat maka akan mendapatkan volume sebesar 700 liter dan 1.775 liter bila kursi baris kedua dilipat.

Masuk ke baris pertama, konsep driver oriented hadir pada desain dasbornya. Layar multifungsi 12,3 inci menampilkan beragam informasi yang diperlukan pengemudi.

Tiguan terbaru ini mengusung mesin 1.4 TSI yang menghasilkan tenaga 150 tk dan torsi 250 Nm. Mesin ini dipasangkan transmisi 6-percepatan kopling ganda triptonic.

Tiguan Allspace dibanderol Rp 533 juta off the road. Pilihan warna yang ditawarkan antara lain Candy White, Deep Black, Iridium Grey, Reflex Silver dan Silk Blue.

9. Wuling Almaz

Varian termurah dari Wuling Almaz akan meluncur, Rabu (18/7/2019) di ajang GIIAS 2019, di ICE, BSD, Tangerang. Apabila melihat secara kasat mata, tidak ada ubahan signifikan pada bagian eksterior dan interior.

Namun, jika diamati dengan seksama untuk sektor eksterior perbedaannya bisa dilihat pada bagian pelek yang menggunakan palang lima berwarna silver. Sementara Almaz varian tertinggi sudah mengadopsi two tone.

Perbedaan selanjutnya, berdasarkan pantauan Kompas.com di GIIAS 2019, sport utility vehicle (SUV) termurah Wuling di Indonesia itu tidak dilengkapi dengan sunroof.

Beralih ke interior, perbedaan paling utama bisa dilihat dari tuas transmisi mobil baru Wuling ini. Varian termurah Almaz ini mengadopsi transmisi manual.

Rumors sama seperti Cortez yang menggunakan model Intelligent Automated Mechanical Transmission (i-AMT). Selain itu, urusan harga mobil baru ini menurut sumber internal akan dijual di bawah Rp 300 juta. Perlu diketahui bahwa Almaz sekarang ini hanya tersedia satu varian, yaitu 1.5-liter turbo CVT yang dijual Rp 318,8 juta on the road DKI Jakarta.

10. Renault

Secara keseluruhan, Maxindo Renault Indonesia (MRI) membawa tiga mobil baru di gelaran GIIAS 2019. Yakni, Renault Kwid Climber, Duster, dan Triber.

Desain unik, beberapa penyegaran hingga harga 'miring' jajaran mobil baru Renault, membuat daya tarik tersendiri bagi para pengunjung pameran. Mobil rata-rata bisa diboyong pulang dengan harga di bawah Rp 200 juta, kecuali Duster (Rp 270 juta).

Namun pihak MRI mengaku lebih menaruh harapan besar pada Triber, yang padahal harga resminya belum dirilis. Varian termahal dari model Kwid disebut belum mampu menarik hati masyarakat Indonesia sebagaimana Triber.

"Kami perkenalkan Kwid varian termahal, Climber, dengan berbagai ubahan yang cocok dengan warga Indonesia. Namun bila melihat antusias pengunjung hingga saat ini, Triber masih paling populer. Padahal harga resminya belum dirilis," kata Davy J Tuilan, Chief Operating Officer (COO) MRI, ICE BSD, Tangerang, Minggu (21/7/2019).

11. MINI Cooper

BMW Group Indonesia dengan merek turunan Mini, merayakan ulang tahun Mini ke 60 tahun. Perayaan merek ikonik asal Inggris ini, dilakukan dengan meluncurkan mobil baru Mini 60 Years Edition di pameran GIIAS 2019, Tangerang Kamis (18/7/2019).

Mobil baru edisi khusus ini akan hadir dalam jumlah terbatas yakni 60 unit. Model yang ditawarkan ada dua yakni Mini 3 doors dan Mini 5 doors.

"Enam dekade setelah peluncuran mobil kompak dari Inggris, kami sangat senang memulai perayaan Mini 60 tahun di Indonesia dengan meluncurkan model edisi terbatas. Mobil ini hadir dengan fitur dan desain berkualitas tinggi dengan aksesori dan koleksi khusus Mini 60 tahun," ucap Kepala Mini Asia, Kidd Yam dalam sambutannya.

Mini edisi khusus ini hadir dengan warna khusus British Racing Green yang ikonik dengan pilihan warna lain seperti perak dan hitam. Garis di kap mesin hadir dengan warna Aspen White dan British Oak.

Bagian interior hadir dengan sentuhan personalisasi. Namun untuk penanda edisi khusus digunakan bahan kulit Walknappa Mini edisi 60 tahun di bagian lingkar kemudi.

Mobil baru Mini ini masih menggunakan mesin 3 silinder twin turbo 1.499 cc yang menghasilkan tenaga 16 tk dan torsi 220 Nm.

Mesin ini dipasangkan dengan transmisi 7 percepatan. Model ini dilengkapi dengan garansi 60 bulan atau 80.000 kilometer.

Ini termasuk pemeriksaan kendaraan, penggantian oli mesin, serta servis filter udara, bahan bakar, mikro, busi dan minyak rem. Mini edisi 60 tahun ini dibanderol Rp 615 juta untuk model Mini Cooper 3 Door 60 Year Edition, Rp 785 juta untuk Mini Cooper S 3 Door 60 Years Edition dan Rp 645 juta untuk model Mini Cooper 5 Door 60 year Edition. Semuanya dalam status off the road.

12. Mazda

Mazda sudah menyiapkan dua amunisi baru untuk ajang GIIAS 2019 yang akan digelar pada 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD City. Model pertama yang dipastikan meluncur adalah Mazda3 sedangkan yang satunya masih menunggu situasi.

"Kita akan bawa Mazda3 ke sini. Kita akan pajang satu model baru yang sudah jelas ada di Singapura, dan sudah launching semua," kata Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Senin (20/5/2019).

Meski begitu Roy enggan membeberkan apakah yang bakal meluncur di GIIAS 2019 mendatang merupakan Mazda3 versi sedan atau hatchback model 2019. Dia hanya mengatakan saat nanti meluncur, model ini sudah langsung bisa dipinang oleh konsumen.

"Yang itu nanti dulu (sedan atau hatchback). Nanti tidak seru lagi kalau semua sudah diungkap. Tapi untuk model yang akan kita dipajang, nanti rasanya sudah langsung kita jual," kata Roy.

13. Lexus

Lexus Indonesia belum lama ini menambah varian dari model LX, yakni LX 570 Sport. Konsumen yang ingin membeli sport utility vehicle (SUV) premium itu pun harus sabar menunggu.

General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja, menjelaskan, konsumen yang melakukan pembelian sekarang baru mendapatkan unit pada Maret 2019. Hal tersebut dikarenakan jatah pengiriman dari Jepang cukup terbatas.

"Jumlahnya berapa unit tidak bisa disebutkan, tetapi yang jelas permintaannya juga begitu tinggi untuk model ini," ucap Adrian ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Secara karakter konsumen, kata Andrian berbeda dengan model SUV sejenis, karena pembeli Lexus ini tentunya menginginkan mobil yang benar-benar menawarkan kemewahan, serta ketangguhan.

"LX 570 Sport ini memiliki semua itu, oleh karena itu meskipun sedikit menunggu, tetapi konsumen kami merasa tidak keberatan. Tetapi, kami akan usahakan bisa lebih cepat, dan yang terbaik untuk konsumen," ujar Adrian.

"LX 570 Sport ini memiliki semua itu, oleh karena itu meskipun sedikit menunggu, tetapi konsumen kami merasa tidak keberatan. Tetapi, kami akan usahakan bisa lebih cepat, dan yang terbaik untuk konsumen," ujar Adrian.

Mengenai harga, LX 570 Sport ini dibanderol Rp 3.255.000.00 on the road DKI Jakarta. Sementara varian 570 Luxury Rp 3.175.000.000.

14. BMW

BMW Group Indonesia telah memperkenalkan sedan seri 3 terbarunya di GIIAS 2019. Produk andalan BMW di pasar sedan tersebut hadir di varian teratas 330i M Sport.

Sayangnya, BMW belum mengungkapkan kapan akan membawa varian di bawah 330i yang lebih terjangkau. BMW 330i M Sport sendiri dibanderol Rp 979 juta off the road.

"Versi lainnya seri 3 akan segera hadir. Saya tidak bisa bilang kapan, tapi market itu tidak bisa kita tinggalkan. Itu market besar dan justru market sesungguhnya seri 3 ada di situ," ucap Wakil Presiden Penjualan BMW Indonesia Bayu Riyanto saat ditemui pekan lalu di GIIAS 2019.

Bayu sendiri enggan mengungkapkan berapa target yang dipatok BMW untuk seri 3 terbarunya ini. BMW berharap sedan terbaru ini bisa memenuhi keinginan penggemar BMW dan bisa terjual sebanyak mungkin.

Mengenai harga yang menyentuh Rp 900 juta-an, Bayu menilai ini sudah sesuai dengan apa yang diberikan BMW. Terlebih dibanding kompetitor di kelas yang sama seri 3 terbaru sudah mengusung berbagai macam fitur terbaru.

"Sekarang produk baru, ada fitur baru, teknologi baru. Jadi harga berbeda dan apa yang dibayarkan konsumen akan signifikan dengan yang dirasakan dalam hal keamanan dan kenyamanan," ucap Bayu.

15. Audi

Audi membawa beragam model di GIIAS 2019. Beberapa model yang ada di lantai pemerannya adalah RS5 2.9TFSI Quattro yang dibanderol Rp 2,635 miliar. Selain itu ada model Q8 3.0TFSI Quattro yang dibanderol Rp 2,455 miliar. Ini adalah model SUV teratas Audi yang hadir di Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/13/122200115/deretan-mobil-baru-yang-meluncur-sepanjang-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke