Toyota Monitor Kehadiran Xpander Cross

Kompas.com - 08/12/2019, 12:42 WIB
Mitsubishi resmi memperkenalkan Xpander Cross Kompas.comMitsubishi resmi memperkenalkan Xpander Cross
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terlihat santai, diam-diam ternyata Toyota Astra Motor (TAM) ikut memantau kehadiran Mitsubishi Xpander Cross. Bahkan Xpander versi low SUV tersebut dipandang sebagai salah satu kompetitor yang kuat.

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy, menilai secara nama Xpander sudah cukup kuat, lantaran itu pihaknya tak ingin lengah untuk memantau perkembangannya.

"Saya rasa Xpander Cross salah satu produk yang kuat ya, karena Xpandernya sendiri menjadi produk yang kuat juga secara market share-nya. Jadi kami terus memonitor perkembangan Xpander Cross itu," ucap Anton kepada wartawan di Jakarta beberapa hari lalu.

Baca juga: Harga Xpander Cross Lebih Mahal, Pamor Rush Bisa Naik

Tak hanya itu, Toyota pun penasaran dengan hasil perdana Xpander Cross setelah mulai dipasarkan beberapa waktu lalu. Karena hal itu bisa menjadi salah satu patokan bagi Toyota untuk menilai perkembangan dari produk baru kompetitornya.

Xpander Cross jadi pendatang baru pesaing Toyota Rush di segmen Low SUV.TAM Xpander Cross jadi pendatang baru pesaing Toyota Rush di segmen Low SUV.

Ketika ditanya apakah Rush benar-benar menjadi rival dari Xpander Cross, menurut Anton sampai saat ini Toyota masih melakukan pengecekan. Terutama mengenai karakteristik konsumen dari masing-masing produk tersebut.

"Kami sama-sama pantaun responnya (Xpander Cross), kemudian dari situ nanti apakah kita perlu membuat persiapan untuk meng-counter isu tersebut atau tidak. Tapi kita punya strategi lah untuk menghadapi perkembangan dari produk-produk ini. Kita juga lagi cek sebenarnya konsumen Avanza, Rush, dan Cross serta model-model lainnya itu kira-kira ke arah mana," ujar Anton.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Baru Terjual 1.000 Unit, Belum Tembus Target

Seperti diketahui, Mitsubishi sudah membeberkan jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) Xpander Cross. Dalam kurun waktu satu bulan, Xpander rasa LSUV itu diklaim sudah terserap lebih dari 1.000 unit.

Mitsubishi resmi memperkenalkan Xpander CrossKompas.com Mitsubishi resmi memperkenalkan Xpander Cross

"Sudah lebih dari seribu yang mana bagus secara nasional, karena bersamaan dengan regional launching," kata Direktur Penjualan dan Divisi Marketing PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Michimasa Kono, Sabtu (7/12/2019).

Dari jumlah tersebut, Kono mengklaim sekitar 30-40 persen konsumennya adalah pembeli pertama, sementara sisanya merupakan konsumen yang ingin naik kelas atau yang sebelumnya yang sudah memiliki mobil.

Namun demikian jumlah tersebut juga belum sesuai target awal yang ditetapkan, yakni sebesar 1.500 per bulan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X