Harga Xpander Cross Lebih Mahal, Pamor Rush Bisa Naik

Kompas.com - 18/11/2019, 10:22 WIB
Xpander Cross jadi pendatang baru pesaing Toyota Rush di segmen Low SUV. TAMXpander Cross jadi pendatang baru pesaing Toyota Rush di segmen Low SUV.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, Mitsubishi telah meluncurkan sebuah model baru bernama Xpander Cross. Meski dibangun dari basis MPV, model ini disebut punya kelebihan-kelebihan milik SUV.

Dengan kapasitas 7 penumpang dan mesin 1.500 cc, Xpander Cross akan berhadapan langsung dengan Toyota Rush yang sudah lebih dulu bermain di segmen Low MPV.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, mengatakan bahwa kedua model bermain di segmen serupa dan akan saling head to head di pasaran.

Baca juga: Perbandingan Harga Xpander Cross Versus Rush, Terios, dan BR-V

 

Toyota Rush di GIIAS 2019Kompas.com Toyota Rush di GIIAS 2019

“Tidak hanya Xpander Cross, semua model kami rasa selalu ada kompetisi,” ujarnya saat ditemui di sela-sela acara Toyota Jamboree 2019, Minggu (17/11/2019).

Anton berujar ada dua sudut pandang saat sebuah mobil baru diluncurkan, pertama produk baru akan memperbesar pasar. Kedua, produk baru akan menciptakan persaingan lebih ketat dengan para pesaingnya.

“Setelah ada produk baru itu akan membuat market berkembang. Karena masyarakat akan melihat berita, dan mulai membandingkan,” ucap Anton.

Baca juga: Setelah Xpander Cross, Apakah Nissan Livina Crossover Juga Meluncur?

 

Mitsubishi resmi memperkenalkan Xpander CrossKompas.com Mitsubishi resmi memperkenalkan Xpander Cross

Menurutnya, saat konsumen mulai membandingkan produk yang baru meluncur. Konsumen juga akan melihat produk-produk sekelasnya dan dibandingkan secara harga serta kualitas.

Secara otomatis model yang sudah meluncur lebih dulu seperti Rush bisa meningkat pamornya.

“Jadi mudah-mudahan market bisa terbantu naik dengan adanya model-model baru ini,” katanya.

Meski begitu, Anton tak menutup kemungkinan apabila Xpander Cross dapat merebut pasar Rush. Oleh karena itu pihaknya akan meningkatkan lagi pelayanan dari sisi produk, servis, hingga paket penjualan.

"Konsumen intinya melihat harga, budget, produk, pelayanan dan resale value seperti apa. Jadi kami fokus pada konsumen mana yang masuk dalam produk baru ini," ujarnya.

Seperti diketahui, Xpander Cross menjadi Low SUV termahal yang dihargai mulai Rp 267,7 juta untuk varian M/T sampai Rp 286,7 juta untk varian Ultimate A/T.

Sedangkan Rush diuntungkan dengan banderol lebih terjangkau, dari Rp 244,250 juta (G M/T) hingga Rp 265,650 juta (TRD Sportivo A/T).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X