Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Motor di Indonesia Masih Bisa Tumbuh

Kompas.com - 29/11/2019, 15:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pasar sepeda motor di Indonesia masih bisa tumbuh. Bahkan, dia optimistis pada 2025 bisa mencapai 10 juta unit per tahun.

Agus menjelaskan, sekarang saja penjualan motor di Tanah Air sudah mencapai 6,5 juta unit per tahun. Ke depan, kata dia bisa lebih besar lagi seiring dengan perkembangan teknologi, terutama beralih ke listrik.

"Jadi targetnya pada 2025 itu 1 juta untuk ekspor dan 20 persen dari 10 juta unit itu disumbangkan oleh motor listrik," ujar Agus di pembukaan IIMS Motobike Expo 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

IIMS Motobike Expo 2019KOMPAS.com / Stanly IIMS Motobike Expo 2019

Baca juga: IIMS Motobike Expo 2019 Resmi Dibuka, Dukung Industri Roda 2 Nasional

Ajang IIMS Motobike Expo 2019 ini, lanjut Agus salah satu momen untuk mendorong industri roda dua nasional.

"Kita harapkan melalui pameran ini beserta segala kegiataanya bisa mendorong lagi karena pada 2030 Indonesia ditargetkan bisa menjadi pusat kendaraan listrik di kawasan ASEAN," ujar Agus.

Motor Moda Pengumpan ke Transportasi Umum

Honda Supra X 125 Helm in warna biru di pabrik AHM.AHM Honda Supra X 125 Helm in warna biru di pabrik AHM.

Harus diakui, transportasi umum di Jakarta saat ini sudah selangkah lebih maju sebagai sarana transportasi yang memadai untuk kota metropolitan. Armada dan rute Transjakarta yang semakin bervariasi, Commuter Line yang bebas tanpa hambatan kemacetan, sampai MRT yang revolusioner.

Namun, untuk menuju ke transportasi itu masih belum bisa menjangkau ke titik rumah para pekerja komuter yang berada di wilayah penyangga.

Menurut Jovin Hoon, Co-Founder Moladin, motor bisa mengisi kekosongan ini dengan sangat baik. Apalagi saat ini telah tersedia sarana park and ride di beberapa titik wilayah penyangga ataupun di dekat stasiun MRT, serta Commuter Line.

Baca juga: Hari Ini, Belasan Produsen Motor Berlaga di IIMS Motobike Expo 2019

Selain melalui cara konservatif, saat ini orang-orang juga bisa
memanfaatkan sistem penjualan dan permohonan kredit motor secara online, baik melalui web atau pun aplikasi motor.

"Sekarang, semua alasan-alasan di atas bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi Moladin. Lewat aplikasi yang ditujukan khusus untuk pengguna motor ini, bisa mendapatkan informasi yang penting dan berguna seputar motor," kata Jovin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com