IIMS Motobike Expo 2019 Resmi Dibuka, Dukung Industri Roda 2 Nasional

Kompas.com - 29/11/2019, 12:16 WIB
IIMS Motobike Expo 2019 KOMPAS.com / StanlyIIMS Motobike Expo 2019
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang perdana Indonesia Internasional Motor Show ( IIMS) Motobike Expo 2019, resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, Jumat (29/11/2019).

Dalam kata sambutanya, Agus mengucapkan bila ini merupakan momen perdananya meresmikan acara bertema otomotif yang akan dihelat selama tiga hari di Istora Gelora Bung Karno (GBK) .

Selain menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Agus jiga berharap ajang ini bukan hanya bisa menjadi wadah bagi para pecinta roda dua saja, tapi juga bisa mendorong masyarakat beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

Baca juga: Hari Ini, Belasan Produsen Motor Berlaga di IIMS Motobike Expo 2019

"Saya atas nama pemerintah memberikan apresiasi kepada Dyandra Promosindo atas terselenggaranya IIMS Motobike. Ini adalah tempat yang tepat untuk mendorong masyarakat menggunakan kendaraan ramah lingkungan," kata Agus dalam seremoni pembukaan, di Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).

IIMS Motobike 2019KOMPAS.com/Gilang IIMS Motobike 2019

Agus juga menyampaikan bila industri otomotif di Tanah Air berkembang cukup pesat melalui peningkatan ekspor investasi dan penyerapan tenaga kerja. Dari 2010 hingga 2018, pencapaiannya penjualannya sebesar 6,5 juta unit pertahun.

Pemerintah juga menargetkan akan tumbuh sampai 10 juta unit per tahun pada 2025 mendatang. Dengan target 1 juta unit ekspor dan 20 persen untuk motor listrik.

"Pada 2025 targetnya 10 juta unit, dari angka itu 20 persen atau 2 juta unit adalah sepeda motor listrik berbasis baterai. Kita harap melalui ajang ini beserta segala kegiatannya bisa mendorong lagi karena pada 2030 Indonesia ditargetkan bisa menjadi center kendaraan listrik di kawasan ASEAN," kata Agus.

Baca juga: Honda Gairahkan IIMS Motobike Expo 2019

Sementara itu, Hendra Noor Saleh selaki Project Director IIMS Motobike Expo 2019, menjelaskan ajang ini menjadi panggung bagi para pemain roda dua di Indonesia untuk memamerkan ragam produk dan teknologinya.

"Ini adalah acara pertama kami yang kami gagas atas dasar permintaan teman-teman APM roda dua. Ajang ini juga benar dikemas dengan nuansa bikers, dan akan ada beberapa merek yang melucurkan produknya di sini," kata pria yang akrab disapa Kohen.

IIMS Motobike Expo 2019 akan diselenggarakan November mendatangKompas.com/Setyo Adi IIMS Motobike Expo 2019 akan diselenggarakan November mendatang

Sebanyak 16 brand sepeda motor siap memeriahkan pameran motor IIMS 2019 yang disponsori oleh PLN. Mulai dari Benelli, BMW Motorrad, Cleveland, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Peugeot Motorcycles, Piaggio, Vespa, Yamaha, Honda, Triumph dan Lambretta. Sementara dari kategori electric vehicle ada BF Goodrich, Selis dan Gesits.

Sementara brand pendukung otomotif yang menawarkan produk andalan mulai dari spare part, aksesori hingga riding gear, antara lain Arai, Astra Otoparts, Alpinestars, Brisk Busi, Cargloss, Deus Ex Machina, Elders Company, Komine, Nolan, Ohlins, Proliner, R9,RCB, RS, Shinko, SHOEI, Street Art Custom, Taichi, Uma, V-Rossi, Von Dutch dan masih banyak lagi.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X