Kenapa Mal di Jakarta Banyak yang Punya Tempat Parkir Khusus Moge?

Kompas.com - 28/11/2019, 07:32 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah pusat perbelanjaan alias mal di DKI Jakarta, dalam beberapa tahun terakhir ini, mulai banyak menyediakan tempat parkir khusus sepeda motor besar (moge). Moge yang boleh parkir di tempat itu ada aturannya, seperti wajib memiliki kapasitas mesin 250 cc ke atas.

Sementara untuk motor berkapasitas 250 cc ke bawah, akan masuk ke dalam parkir motor biasa atau umum.Tentunya, para pemilik moge ini mendapatkan prioritas lebih dibanding pengguna motor biasa.

Berbeda dengan parkir khusus moge, yang terletak dekat dari pintu masuk mal. Seperti halnya parkir mobil, pengunjung mal akan lebih nyaman karena tak perlu jalan lebih jauh.

Baca juga: Menilik Kebiasaan Unik Warga Bawean, Parkir Motor Tanpa Cabut Kunci

Ilustrasi parkir motor khusus moge yang terletak di Tangcity MallTwitter @tangcity Ilustrasi parkir motor khusus moge yang terletak di Tangcity Mall

Ketua Asosiasi Pengelola Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan, mengatakan parkir khusus moge merupakan salah satu strategi pemasaran dari mal-mal yang ada di Ibu Kota ini.

“Mungkin ingin menunjukkan bahwa malnya cocok sebagai tempat kumpul komunitas biker. Atau ada image lain yang ingin dikejar, seperti diketahui moge itu kan tidak murah,” ucapnya kepada Kompas.com Rabu (27/11/2019).

Meski begitu, Ridwan mengatakan ada atau tidaknya parkir khusus moge, tidak menambah pengunjung mal secara signifikan.

“Parkiran moge itu cuma tren saat ini, tidak bikin pengunjung makin banyak. Mungkin ada dari kalangan pengguna moge datang beberapa, tapi itu kan hanya hari tertentu saja,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.