Jika Datsun Sudah Tutup, Konsumen Bisa Servis di Diler Nissan

Kompas.com - 26/11/2019, 12:02 WIB
Dealer Nissan-Datsun terbesar di Indonesia yang dikelola MPMAuto, sanggup melayani 153 mobil dalam sehari. MPM AutoDealer Nissan-Datsun terbesar di Indonesia yang dikelola MPMAuto, sanggup melayani 153 mobil dalam sehari.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nissan sampai saat ini belum mengumumkan bagaimana nasib Datsun ke depannya. Apabila merujuk angaka wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pabriknya sudah berhenti memproduksi Datsun sejak September 2019.

Artinya perusahaan hanya tinggal berjualan sisa stok sampai benar-benar tutup, yang rencananya dilakukan pada Januari 2020. Pemilik mobil-mobil Datsun mungkin dibayangi kekhawatiran, bagaimana layanan aftersales jika Datsun tutup nanti.

Menanggapi hal ini, Hendry Samosir, Service Manager PT Mimosa Putra Abadi, diler Nissan Datsun di Bekasi Barat, mengatakan sampai saat ini layanan diler Datsun masih berlaku bagi seluruh konsumen.

Baca juga: Perhatikan Ini Jika Ingin Beli Datsun Go dan Go+ Bekas

Salah satu peserta Nissan Service Technician Excellence Competency (NISTEC) yang digelar di Nissan College di dealer Nissan-Datsun Gading Serpong, Tangerang, Sabtu (20/12/2014). Febri Ardani Salah satu peserta Nissan Service Technician Excellence Competency (NISTEC) yang digelar di Nissan College di dealer Nissan-Datsun Gading Serpong, Tangerang, Sabtu (20/12/2014).

Bahkan ketersediaan spare part pun masih dijamin, khususnya untuk produk Datsun Go, Go+, maupun Cross. Begitu juga dengan garansi 3 tahun atau 100.000 Km yang berlaku sejak pembelian kendaraan, masih jadi komitmen perusahaan.

Konsumen juga tak perlu khawatir dengan ketersediaan jaringan diler jika Datsun benar-benar tutup. Sebab menurut Hendry, servis Datsun ternyata bisa dilakukan di bengkel resmi Nissan.

“Memang selama ini kan servis Datsun di bengkel Nissan. Jadi misalnya di daerah yang tidak ada bengkel datsun, konsumen itu bisa melakukan servis ke Nissan,” ujarnya kepada Kompas.com (26/11/2019).

Baca juga: Biaya Servis dan Onderdil Datsun Tergolong Murah

Peserta Datsun Risers Expedition Gelombang 3 Etape 3 ditemani anggota Datsun GO  Community Indonesia (DGCI).Febri Ardani/KompasOtomotif Peserta Datsun Risers Expedition Gelombang 3 Etape 3 ditemani anggota Datsun GO Community Indonesia (DGCI).

Sementara itu Ahmad Zailani, Ketua DGCI (Datsun Go Community Indonesia) Chapter Depok, juga mengatakan hal serupa. Ia mengatakan, bengkel Datsun atau Nissan biasanya berada di satu lokasi yang sama.

“Servis di diler Nissan memang bisa, karena kan satu atap. Label dealernya pun Nissan Datsun. Biaya juga sama saja, tidak berbeda,” katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X