Kompas.com - 31/07/2019, 16:24 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain akan memangkas 12.500 karyawan dari seluruh dunia, Nissan juga akan menyuntik mati beberapa produknya yang saat ini telah ada di pasaran. Hal ini tak lepas dari masalah efesiensi yang dikejar dengan mengurangi 10 persen dari produksinya.

Meyitat dari Rushlane.com, beberapa model yang akan dipangkas merupakan produk yang dari segi penjualannya sangat lamban di bawah merek Nissan dan Datsun. Bahkan mobil sport kupe garapan Nissan dan Infiniti pun juga dikabarkan masuk dalam bursa suntik mati.

Untuk Datsun yang dilahirkan kembali dengan harapan bisa mendongkrak pasar sebagai mobil murah, justru menjadi bumerang. Beberapa pasar utamanya seperti India, Rusia, dan Afrika dianggap gagal menciptakan dampak penting.

Baca juga: Nissan Indonesia Akui Ada Pemangkasan Karyawan

Bahkan meski Nissan sempat mengalah di India untuk Datsun, tapi kesuksesannya tak berlangsung lama. Beberpa model Datsun (GO, GO+, dan Redigo) berangsur-angsur mengalami penurunan dalam penjualan.

Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta Test Drive Nissan Livina Semarang-Yogyakarta

Untuk pasar international, terutama di Amerika Serikat, mobil mungil layakanya Versa Note dan Sentra kemungkinan besar juga akan dihentikan produksinya. Kedua mobil tersebut dianggap kalah pamor dengan menjamurnya segmen crossover.

Saat ini Nissan menjual lebih dari 60 varian kendaraan di seluruh dunia. Diprediksi, dari jumlah tersebut, 10 modelnya akan disudahi pada awal 2022 mendatang. Meski kabarnya sudah cukup kencang, sayangnya sampai saat ini tidak ada kejelasan pasti dari pihak Nissan Motor Indonesia (NMI).

Presiden Direktur PT NMI Isao Sekiguchi, dalam keterangan singkatnya hanya membenarkan masalah pengurangan 12.500 karyawan yang akan dilakukan Nissan global tanpa menyebutkan berapa banyak yang terdampak di Indonesia dan produk apa yang akan kena imbasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber rushlane


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.