Bedanya CX-8 Versi Elite dan Touring

Kompas.com - 23/11/2019, 18:22 WIB
Mazda CX-8 resmi meluncur di Indonesia Mazda CX-8 resmi meluncur di Indonesia
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda resmi memasukan CX-8 ke Tanah Air setelah sebelumnya hanya dipasarkan di Jepang saja. Sport utility vehicle (SUV) ini hadir dengan dua varian, yakni Elite dan Touring, yang bisa menjadi pilihan bagi konsumen.

Dari segi strata, CX-8 Elite menjadi varian tertinggi yang dipasarkan sebesar Rp 746,8 juta, sementara yang Touring hanya Rp 664,8 juta. Bila melihat sekilas, keduanya hampir tak berbeda, tapi kalau memperhatikan harganya, terdapat selisih yang cukup besar, yakni Rp 82 juta.

Lalu apa saja yang membedakan diantara kedua varian CX-8 ini hingga lompatan harganya cukup tinggi ?

Baca juga: Mazda Bawa CX-8 Ke Indonesia Tanpa Mesin Turbo

Dari sektor ekterior, paling mudah dilihat dari bagian kaki-kakinya. Bila versi Touring menggunakan warna alumunium silver, untuk yang Elite sudah dibungkus kelir alumunium bright dengan dimensi 19 inci.

Mazda CX-8 resmi meluncur di Indonesia Mazda CX-8 resmi meluncur di Indonesia

Perbedaan kedua dan lainnya, lebih ke sektor kabin dan fitur. Untuk Touring memiliki konfiguasi jok yang mampu menampun hingga tujuh penumpang, sementara Elite dibuat lebih eksklusif dengan captain seat dan hanya untuk enam penumpang.

Tidak hanya itu, menyandang status varian tertinggi, lapisan kulit CX-8 Elite juga sudah menggunakan Nappa Leather Deep Red. Sedangkan yang Touring hanya terbungkus black clotch berwarna gelap.

Baca juga: Meluncur di Indonesia, Mazda CX-8 Dibanderol Mulai Rp 660 Jutaan

Dari segi hiburan, walau sama-sama sudah memiliki fitur audio berkelas, namun untuk Touring hanya memiliki enam speaker, sementara Elite jumlahnya mencapai 10 unit Bose sound system. Perbedaan kelima, pengaturan jok pada tipe Elite sudah mengusung elektrik, sementara Touring masih manual.

Mazda CX-8 resmi meluncur di Indonesia Mazda CX-8 resmi meluncur di Indonesia

Bahkan kalau ditelisik lebih jauh dari data spesifikasi yang ada, rupanya banyak pengurangan yang dilakukan.

Sebut saja seperti Power Lift, Navigation System, Lightning Signature, Windscreen Type, Seat Warmer, Sunshade, Monitor 360 derajat, Blind Sport Monitoring, Lane Departure Warning System, Rear Cross Traffic Alert, dan banyak lainnya.

Cukup wajar bila selisih harga keduanya mencapai Rp 82 juta, mengingat banyak fitur-fitur canggih yang telah dipangkas oleh Mazda untuk membuat harga CX-8 lebih kompetitif.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X