Jelang Akhir Tahun, Penjualan Sepeda Motor Mulai Merosot

Kompas.com - 21/11/2019, 17:01 WIB
Sebelas hari Telkomsel IIMS 2019 penjualan motor mencapai 2.640 unit. Foto: Istimewa/DyandraSebelas hari Telkomsel IIMS 2019 penjualan motor mencapai 2.640 unit.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar otomotif roda dua di dalam negeri selama Oktober 2019 mulai menunjukkan perlambatan. Dibandingkan periode sama di tahun lalu, penjualannya turun dua persen.

Berdasarkan catatan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia ( AISI), penjualan motor dalam tiga bulan terakhir terlihat dalam tren menurun. Pada periode tersebut, pertumbuhan motor melambat dari sekitar 7 persen menjadi 4,2 persen.

Perlambatan itu terus terjaga hingga memasuki kuartal empat atau Oktober 2019. Tercatat, penjualan selama bulan kesebelas ini turun sebesar dua persen dari 610.332 unit pada Oktober 2018 menjadi 597.979 unit.

Baca juga: AISI Optimistis Target Ekspor Motor Tahun Ini Bisa Tercapai

Sebelas hari Telkomsel IIMS 2019 penjualan motor mencapai 2.640 unit.Foto: Istimewa/Dyandra Sebelas hari Telkomsel IIMS 2019 penjualan motor mencapai 2.640 unit.

"Performa penjualan kita sebenarnya terbantu dengan capaian sewaktu semester pertama. Saat ini memang kita patut waspada karena dampak gejolak pasar mulai terasa," kata Ketua Bidang Komersil AISI Sigit Kumala saat dihubungi Kompas.com, di Jakarta, belum lama ini.

Meski demikian, penjualan motor secara tahunan masih mencapai performa positif. Secara detail, capaiannya ialah 5.517.630 unit atau naik 3,4 persen dari periode sama tahun sebelumnya, 5.332.564 unit.

"Kita akan berusaha untuk menjaga capaian ini, mudah-mudahan bisa naik. Kita masih optimis bisa capai target," kata dia.

Adapun capaian ekspor selama Januari - Oktober 2019, tercatat mengalami pertumbuhan 34,5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X