Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Tahun, Penjualan Sepeda Motor Mulai Merosot

Kompas.com - 21/11/2019, 17:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar otomotif roda dua di dalam negeri selama Oktober 2019 mulai menunjukkan perlambatan. Dibandingkan periode sama di tahun lalu, penjualannya turun dua persen.

Berdasarkan catatan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor dalam tiga bulan terakhir terlihat dalam tren menurun. Pada periode tersebut, pertumbuhan motor melambat dari sekitar 7 persen menjadi 4,2 persen.

Perlambatan itu terus terjaga hingga memasuki kuartal empat atau Oktober 2019. Tercatat, penjualan selama bulan kesebelas ini turun sebesar dua persen dari 610.332 unit pada Oktober 2018 menjadi 597.979 unit.

Baca juga: AISI Optimistis Target Ekspor Motor Tahun Ini Bisa Tercapai

Sebelas hari Telkomsel IIMS 2019 penjualan motor mencapai 2.640 unit.Foto: Istimewa/Dyandra Sebelas hari Telkomsel IIMS 2019 penjualan motor mencapai 2.640 unit.

"Performa penjualan kita sebenarnya terbantu dengan capaian sewaktu semester pertama. Saat ini memang kita patut waspada karena dampak gejolak pasar mulai terasa," kata Ketua Bidang Komersil AISI Sigit Kumala saat dihubungi Kompas.com, di Jakarta, belum lama ini.

Meski demikian, penjualan motor secara tahunan masih mencapai performa positif. Secara detail, capaiannya ialah 5.517.630 unit atau naik 3,4 persen dari periode sama tahun sebelumnya, 5.332.564 unit.

"Kita akan berusaha untuk menjaga capaian ini, mudah-mudahan bisa naik. Kita masih optimis bisa capai target," kata dia.

Adapun capaian ekspor selama Januari - Oktober 2019, tercatat mengalami pertumbuhan 34,5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com