Catatan Rekor yang Dipecahkan Marquez di MotoGP 2019

Kompas.com - 18/11/2019, 07:42 WIB
Marc Marquez saaat berlaga di MotoGP Malaysia 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP) MOHD RASFANMarc Marquez saaat berlaga di MotoGP Malaysia 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez mendulang kesuksesan yang luar biasa pada MotoGP 2019 ini. Bukan hanya dirinya berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2019, tapi Marquez juga sukses memecahkan banyak rekor.

1. Pebalap Termuda yang Raih 6 Gelar Juara Dunia di Kelas Utama
Musim ini, Marquez berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 2019 yang dikuncinya pada seri ke-15 dari total 19 seri yang dijadwalkan. Gelar juara ini diraihnya pada umur 26 tahun 230 hari. Marquez berhasil melewati rekor dari Mick Doohan yang meraih lima juara dunia di kelas utama. Dua kali lagi menjadi juara dunia MotoGP, Marquez akan bisa memecahkan rekor Valentino Rossi.

Baca juga: Hasil MotoGP Valencia, Marquez Sempurna!

2. Podium Terbanyak dalam Satu Musim di Kelas Utama
Dari 19 seri yang digelar, hanya satu seri di mana Marquez tak dapat naik podium karena terjatuh saat balapan. Di seri-seri lainnya, Marquez selalu juara satu atau kedua, tidak pernah di posisi ketiga. Musim ini, Marquez berhasil mengoleksi 18 podium.

Marc Marquez saat berlaga di MotoGP Malaysia 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)MOHD RASFAN Marc Marquez saat berlaga di MotoGP Malaysia 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

3. Poin Tertinggi dalam Satu Musim di Kelas Utama
Dengan rekor 18 podium dalam satu musim, pebalap asal Spanyol ini berhasil mengantongi total 420 poin. Poin tersebut sekaligus memecahkan rekor Jorge Lorenzo di tahun 2010 dengan total 383 poin.

4. Rekor 14 Kemenangan dalam Satu Musim
Tahun 2014, Marquez tampil fenomenal dengan meraih 10 kemenangan berturut-turut. Musim tersebut diakhiri dengan total 13 kemenangan. Di musim 2019 ini, Marquez semakin fenomenal lagi dengan meraih 14 kemenangan.

5. Salah Satu Pebalap yang Berhasil Meraih Triple Crown di Kelas Utama
Dengan performa Lorenzo di musim ini yang cukup buruk, Marquez justru sangat menonjol. Pebalap Repsol Honda Team ini mampu memberikan gelar juara dunia untuk kategori pebalap, tim, dan pabrikan. Perlu diingat, gelar tersebut bisa dibilang merupakan kontribusi dari Marquez hampir sepenuhnya.

6. Lap Tercepat Terbanyak di MotoGP
Kecepatan Marquez mengendarai motornya sangat luar biasa. Bahkan, Marquez berhasil meraih lap tercepat sebanyak 12 kali. Namun, Marquez harus berbagi tempat untuk rekor ini. Sebab, Rossi tercatat pernah meraih hasil yang sama.

Baca juga: Marquez dan Lorenzo Bawa Nama Afridza Munandar di MotoGP Valencia

7. Kemenangan Berturut-turut Terbanyak di Sirkuit Sachsenring
Sejak tahun 2010, mulai dari kelas 125 cc, Moto2, hingga MotoGP, Marquez belum pernah terkalahkan saat balapan di sirkuit Sachsenring, Jerman. Sirkuit yang didominasi tikungan ke kiri ini sudah dimenangkan oleh Marquez sebanyak 10 kali dan semuanya diikuti juga dengan pole position.

8. Satu-satunya Pebalap dalam Sejarah yang Menang 10 Kali di Satu Sirkuit
Dengan kemenangan sebanyak 10 kali berturut-turut di Sachsenring, Marquez juga meraih rekor sebagai satu-satunya pebalap yang menang 10 kali di satu sirkuit. Dalam sejarah, belum ada pebalap lain yang sebegitu mendominasinya di satu sirkuit tertentu.

9. Satu-satunya Pebalap dalam Sejarah yang Menang 5 Kali di Sirkuit Misano
Selain menguasai Sachsenring, Marquez juga tercatat berhasil mendulang banyak kemenangan di sirkuit Misano, Italia. Total ada lima kemenangan yang diraihnya di sirkuit yang bernama Misano World Circuit Marco Simoncelli tersebut. Bahkan, Rossi yang rumahnya terletak tidak jauh dari Misano pun baru mengoleksi tiga kali kemenangan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X