LAPORAN LANGSUNG DARI TOKYO MOTOR SHOW 2109

Tak Semua Model Daihatsu di Indonesia Bisa Adopsi Fitur Pintar

Kompas.com - 29/10/2019, 17:02 WIB
Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway
Penulis Stanly Ravel
|

OYAMA, KOMPAS.com - Daihatsu mengajak beberapa media yang menghadiri Tokyo Motor Show (TMS) 2019 menjajal langsung fitur pintar yang dimiliki kei-car Tanto. Pengujian dilakukan di satu lokasi test course Sirkuit Fuji Speedway yang terletak di Oyama, Prefektur Shizuoka, Jepang.

Dari 15 fungsi yang dimiliki fitur Smart Assist Tanto, rupanya ada beberapa yang akan diterapkan Daihatsu di Indonesia. Salah satu yang menjadi konsennya, yaitu berkaitan dengan faktor keselamatan, contoh seperti mis-pedal operation control.

Lantas mobil Daihatsu apa yang paling cocok mengadopsi fitur tersebut. Menanggapi hal ini, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, mengatakan akan melakukan evaluasi lebih dulu, tapi pada dasarnya semua fungsi pada fitur smart assist cocok diterapkan di Indonesia.

Baca juga: Daihatsu Siap Adopsi Fitur Canggih Smart Assist di Indonesia

"Pada dasarnya bila untuk keselamatan semuanya pasti cocok saja apalagi membantu keselamatan, yang harus kita pikirkan itu dari harganya, cocok atau tidak. Contoh Sigra ada ABS yang paling atas, begitu juga Xenia, jadi orang bisa pilih, kalau punya duit ada varian yang smart assist-nya," kata Amel, di Oyama, Jepang, Jumat (25/10/2019) lalu.

Amel menjelaskan, untuk Tanto dengan fitur lengkap yang menjadi model tertinggi saja di Jepang memiliki harga jual yang cukup tinggi, nilainya sekitar Rp 200 juta. Sementara yang versi entry level sebesar Rp 150 jutaan.

Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway

Kondisi tersebut nantinya juga kan sama dengan unit Daihatsu yang disematkan smart assist di Indonesia. Artinya, bila sudah menggunakan fitur "kekinian" tersebut, harga mobil Daihatsu bisa melonjak tinggi.

"Sebenarnya sama dengan di Indonesia, antara model varian bawah dan atas itu harganya beda, tergantung penambahan fitur dan aksesorisnya. Ini yang harus kita perhatikan dulu," kata Amel.

Apakah memungkinkan untuk digunakan pada mobil murah ramah lingkungan atau LCGC? Menjawab hal ini, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, memparkan bila akan sedikit sulit, pasalnya harga dasar LCGC ada ketentuannya.

Baca juga: Jajal Fitur Kei Car Daihatsu di Kaki Gunung Fuji

"Kalau LCGC itu punya platform harga atau selling price, beda dengan model lain (di luar LCGC) yang lebih ke ada harga ada barang, lebih ketergantung kompetisi di pasarnya nanti," ujap Hendrayadi.

Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway

Namun demikian, Amel menjelaskan Daihatsu Indonesia pastinya akan menyiapkan fitur smart assist nantinya secara opsional. Artinya tidak semua varian akan memiliki teknologi tersebut.

"Intinya kami ingin memberikan fitur yang bisa digunakan, artinya kita tidak mau menerapkan sebuah fitur yang hanya sekadar nice to have saja, tapi yang benar-benar bisa dimanfaatkan oleh konsumen," ucap Amel.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X