Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biaya Rekondisi Interior Mobil Mulai Rp 2 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com – Masalah klasik pada interior mobil lawas adalah memudarnya warna, atau bahan karet dan plastik yang mulai kering karena pengaruh cuaca. Kejadian ini bahkan membuat bahan pelapis interior bisa robek atau terkelupas karena bahan getas.

Buat yang ingin merestorasi mobil bekas, mengganti bahan interior dengan yang orisinil mungkin agak sulit. Selain karena barangnya jarang, harga pelapis interior yang asli harganya bisa melambung tinggi.

Solusinya adalah dengan mengganti bahan pelapis jok bawaan dengan versi aftermarket seperti yang dilakukan oleh Edy, pemilik bengkel spesialis interior Vertue Concept di Sunter Jakarta Utara.

Menariknya Vertue Concept tak hanya menjajakan bahan pelapis dari kulit saja, tapi juga bahan fabric, untuk jok maupun panel-panel di interior lainnya.

Seperti perbaikan bahan setir, shift-knob, cover shift-knob, dasbor, panel trimming, pilar A-B-C, hingga berbagai panel dengan harga bervariasi mulai sekitar Rp 2 jutaan.

“Penggantian jok kulit asli untuk mobil dengan dua baris tempat duduk sekitar Rp 10 jutaan, untuk tiga baris tempat duduk sekitar Rp 13 jutaan, itu pakai bahan asli yang diimpor dari luar negeri," katanya kepada Kompas.com Senin (21/10/2019).

Untuk diketahui, kelebihan utama bahan impor adalah warnanya yang bisa menyerupai bahan pelapis asli. Selain itu dari kelenturan dan elastisitas pun lebih baik dari bahan kulit kebanyakan.

Sementara untuk alternatif, tersedia juga pilihan kulit sintetis buatan lokal yang dipatok lebih murah dari harga bahan asli, yaitu kisaran Rp 5 jutaan sampai Rp 7 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/22/072200415/biaya-rekondisi-interior-mobil-mulai-rp-2-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke