Harga Murah Mahindra Pikup, Bisa Ganggu Triton dan Hilux

Kompas.com - 18/10/2019, 10:09 WIB
Mahindra kembali beroperasi di Indonesia Kompas.com/DonnyMahindra kembali beroperasi di Indonesia

BOGOR, KOMPAS.com - Mahindra memberikan kejutan dengan meluncurkan pikap Scorpio Pikup. Sebab, harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya.

Scorpio Pikup keluar dengan dua model, single cabin dan double cabin. Untuk model single cabin, dijual dengan harga Rp 278 juta.

Sementara double cabin, harganya Rp 318 juta. Mobil ini didatangkan langsung dari India dengan status CBU (Completely Build Up).

Mahindra kembali beroperasi di IndonesiaKompas.com/Donny Mahindra kembali beroperasi di Indonesia

Baca juga: Mobil Asal India Mahindra Hadir Lagi di Indonesia

Jika dilihat kompetitor sekelasnya, khususnya untuk double cabin, Scorpio Pikup akan bertemu dengan Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux.

Tes Mitsubishi Triton di Balikpapan Tes Mitsubishi Triton di Balikpapan

Memang, jika dilihat dari kapasitas mesinnya, Scorpio Pikup lebih kecil, hanya 2.200 cc. Sedangkan Triton dan Hilux, kapasitasnya 2.400 cc. Namun, selisih harganya cukup jauh. Triton dan Hilux ada di kisaran Rp 400 jutaan.

Joydeep Moitra, Head of International Operations - Automotive, Mahindra & Mahindra Ltd., mengatakan, Mahindra memiliki pabrik yang berjarak sekitar 200 km dari Mumbai. Di situ, Mahindra biasa memproduksi 250.000 kendaraan setiap tahunnya.

Baca juga: Simak Spesifikasi dan Fitur Mahindra Scorpio Pikup

"Untuk mobil ini, kapasitas produksinya 100.000 kendaraan. Dengan skala sebesar itu, memberi keuntungan bagi kami untuk bisa memberikan nilai yang lebih baik untuk produk kami," ujar Joydeep, di sela-sela peluncuran Scorpio Pikup, di Jeep Station Indonesia, Bogor, Kamis (17/10/2019).

Mahindra kembali beroperasi di IndonesiaKompas.com/Donny Mahindra kembali beroperasi di Indonesia

Selain itu, ongkos produksi di India juga lebih murah. Sehingga, tak heran jika beberapa pabrikan otomotif membangun basis produksinya di India, seperti Royal Enfield dan beberapa merek terkenal lainnya.

Dijual Awal November 2019

Mahindra Scorpio PikupKompas.com/Donny Mahindra Scorpio Pikup

Pasar otomotif nasional semakin ramai dengan kembali hadirnya pabrikan asal India, Mahindra. Dengan produknya, Scorpio Pikup, Mahindra akan fokus menyasar konsumen di sektor kehutanan dan pertambangan.

Mobil pikap dengan mesin 2.2 L mHawk, turbo-diesel, ini diyakini sangat cocok dengan karakteristik pasar di Indonesia. Selain mesinnya yang bertenaga, Mahindra juga tidak pelit dalam menyematkan fitur-fitur keselamatan dan hiburan.

Meski enggan menyebutkan jumlahnya, COO RMA Group Chris Manley, yang bekerja sama dengan Mahindra & Mahindra Ltd., mengatakan beberapa unit Scorpio Pikup sudah siap dipinang konsumen Indonesia.

"Beberapa unit lainnya sedang dalam perjalanan. Stok di diler-diler juga sedang dipersiapkan. Beberapa unit lainnya juga sedang diproduksi," ujar Chris, di sela-sela peluncuran Scorpio Pikup, di Jeep Station Indonesia, Bogor, Kamis (17/10/2019). Chris menambahkan, Mahindra akan melakukan peresmian diler-diler dan melakukan road show agar produk andalannya tersebut semakin dikenal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X