Komparasi Bus Transjakarta Zhong Tong, Scania, dan Mercedes-Benz

Kompas.com - 17/10/2019, 15:05 WIB
Bus Transjakarta merek Zhong Tong di Pool PPD Bus Transjakarta Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (16/10/2019). KOMPAS.COM/DEAN PAHREVIBus Transjakarta merek Zhong Tong di Pool PPD Bus Transjakarta Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (16/10/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.comTransjakarta kembali mengoperasikan armada bus merek Zhong Tong. Sebelumnya bus asal China ini sempat tak dipakai karena kerap kali mengalami masalah terbakar saat beroperasi di jalan.

Transjakarta juga sempat memiliki armada bus Scania dan Mercedes-Benz, yang dioperasikan di sejumlah koridor. Menarik untuk membandingkan spesifikasi di antara ketiga bus tersebut.

Dalam laporan sebelumnya disebutkan, Zhong Tong yang dipakai Transjakarta merupakan tipe 6180GC City Bus (BRT), dengan panjang 18 meter dan berkapasitas 175 orang.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Bus China yang Dipakai Lagi buat Armada Transjakarta

Bus Scania Euro6 yang ditawarkan untuk armada Transjakarta.United Tractors Bus Scania Euro6 yang ditawarkan untuk armada Transjakarta.

Bus ini mengusung mesin berkapasitas 11.051 cc, yang dilengkapi dengan Turbo Intercooling dan berpendingin air.

Di atas kertas, tenaganya mencapai 455 dk dan torsi maksimal 1.373 Nm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan Hydraulic Retarder, serta sanggup melaju hingga kecepatan 100 km/jam.

Bus ini turut dibekali dengan suspensi udara, pengereman dengan cakram pada roda depan, tengah, dan belakang.

Selain Zhong Tong, Transjakarta juga memiliki bus gandeng keluaran Scania bertipe K320IA 6x2/2.

Bus asal Swedia ini memiliki panjang 18 meter, dan sanggup membawa muatan hingga 26 ton.

Baca juga: Transjakarta Sebut 28 Penyedia Menawarkan Bus Listrik

Bus Transjakarta berlantai rendah atau low deck yang mulai dioperasikan pada Senin (20/11/2017)PT Transportasi Jakarta Bus Transjakarta berlantai rendah atau low deck yang mulai dioperasikan pada Senin (20/11/2017)

Bus tersebut mengusung mesin berkode OC09 102 5-silinder dengan kapasitas 9.000 cc, yang bertenaga 340 dk dan torsi 1.600 Nm.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X